Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    hit counters




    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 150,239 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

LINGKARAN TAHUN LITURGI ADA TAHUN A,B,C

Posted by liturgiekaristi on March 11, 2011


Pertanyaan umat :

Kenapa dalam lingkaran tahun
Liturgi kita ada tahun A, B dan C…mengapa ada tiga tahun yang berbeda dengan bacaan yang berbeda, apa tujuannya?

PENCERAHAN DARI Teresa Subaryani Dhs

Liturgi Sabda merupakan saat umat Katolik mendengarkan Sabda Allah. Sabda Allah ini tentunya dai KS. Pembagian tahun A, B, dan C merupakan pembagian untuk bacaan pada misa hari minggu, sedangkan untuk misa harian dibagi menjadi tahun I dan II (ganjil dan genap). Pada tahun A, bacaan Injil diambil dari Injil Matius. Tahun B bacaan Injil mengambil dari Injil Markus. Tahun C bacaan Injil-nya diambil dari Injil Lukas. Injil Yohanes mendapat perlakuan khusus. Bacaan dari Injil Yohanes ini setiap tahunnya dibacakan pada hari-hari minggu Adven dan selama Paskah. Juga menyempil pada minggu-minggu di Tahun B.
Tujuan pembagian ini adalah agar bacaan lebih terarah untuk umat.
Jadi kalau kita mengikuti misa setiap hari selama tiga tahun berturut-turut, kita telah membaca mendengarkan seluruh isi KS.

Satu tahun liturgi (baik A,B, atau C) dibagi menurut pesta dan perayaan liturgi Gereja. Kalau warna liturgi (seperti telah dibahas di topik sebelumnya) mengikuti pada pesta dan perayaan liturgi yang sedang berlangsung, jadi berlaku setiap tahun.
Tahun A, B, dan C yang dibahas di sini adalah pembagian untuk bacaan dalam Ekaristi yang berbeda setiap tahunnya.

PENCERAHAN DARI Daniel Pane

Sebenarnya tidak benar-benar selesai dibaca pun sudah diusahakan demikian. Pembagian tahun A, B, C hanya berlaku untuk hari Minggu sementara untuk hari-hari biasa polanya adalah tahun I dan II (walaupun yang berbeda hanya bacaan pertama dan mazmurnya, sementara Injilnya sama). Di luar itu pada hari-hari raya dan pesta di luar hari Minggu kerap terjadi bacaan-bacaan sama untuk setiap tahunnya.

Berikut ini adalah data statistiknya yang disediakan oleh Romo Felix Just. SJ:

http://catholic-resources.org/Lectionary/Statistics.htm

PENCERAHAN DARI PASTOR Sam GulĂ´

Di isinilah kelebihan Gereja Katolik: dlm 3 thn hampir seluruh isi PL dan PB dibacakan dan direnungkan. Mknya kotbah pr Romo stiap hari minggu, memiliki tema trtntu dan tdk menabrak sana menabrak sini. Umat yg tdk mngetahui hal hal ini, biasanya mengeluh, kotbah para Romo lurus2 saja, jk dibangingkan kotbah di Gereja Tetangga yg bisa merangkai langit dan bumi. Kita tdk demikian. Jk umat secara rutin mengikuti Misa / Ibadat setiap hari Minggu mk mrk telah mendengar dan merenungkan hampir seluruh isi alkitab.

PENCERAHAN DARI PASTOR Christianus Hendrik

Sekedar menegaskan dan melengkapi jawaban2 sebelumnya. Memang kalau orang cukup rajin ‘mendengarkan sabda Tuhan dalam perayaan Ekaristi” termasuk misa harian, dalam kurun waktu 3 tahun setelah melewati tahun A, B, dan C liturgi gereja, dia akan ‘selesai’ membaca hampir seluruh isi Kitab Suci.
Jadi memang bacaan liturgi disusun sedemikian rupa, dikemas dalam lingkaran Liturgi yang utuh yang memaparkan sejarah keselamatan dan penyelamatan manusia sejak kisah penciptaan dalam Kejadian sampai Wahyu. Bukan hanya itu, dalam lingkaran Liturgi kita juga secara menyeluruh dipaparkan Kisah penebusan Kristus sejak kedatangan Yohanes yang mempersiapkan kelahiran Juruselamat sampai wafat dan kebangkitanNya. Tidak ada ‘liturgi’ selengkap Liturgi dalam Gereja Katolik yang merangkum tiga masa sekaligus: Masa lampau – Wafat Kristus kita maklumkan; masa kini – KebangkitanNya kita muliakan; masa depan – KEdatanganNya kita rindukan.

Kalender bacaan Liturgi yang dibuat sedemikian rupa membantu juga-secara minimalis- umat beriman untuk setidaknya memperoleh kesempatan “mendengarkan sabda” (bukan membaca Kitab Suci) di Gereja secara teratur dan lengkap sepanjang tiga tahun liturgi. Bukan hanya itu, sebenarnya bersumber dari bacaan2 Liturgi Ekaristi, juga mengalir dalam doa2 harian dan bacaan rohani harian para biarawan dan biarawati yang saling bersinergi dengan liturgi sepanjang tahun, menjadikan hari2 dan jam2 doa mereka semakin indah dan teratur dalam saling keterkaitan satu sama lain….

Makanya….rajin2 ke Gereja ya, untuk mendengarkan sabda Tuhan, biar setidaknya pernah minimal 1 kali tamat membaca Kitab Suci nya…tentu yang sisanya harus dilengkapi sendiri dengan membaca secara rutin di rumah secara pribadi.

Setelah tiga tahun berjalan melewati tahun A, B, dan C; bacaan Liturgi akan kembali mengulang lagi dari awal dengan penyesuaian peringatan, pesta dan Hari raya Orang Kudus dan Hari raya Gereja yang dirayakan menurut tanggal dan hari yang berbeda. Walaupun mengulang, lihatlah kemudian bahwa pembahasan dan refleksi tentang Kitab Suci dalam Liturgi Gereja selalu baru dan tidak pernah mengulang….itulah kekayaan Sabda Allah yang nyata, yang tidak pernah usang dan selalu baru setiap hari sepanjang masa.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 60 other followers

%d bloggers like this: