Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    hit counters




    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget


    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 150,162 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

LAGU ANTAR BACAAN MENGGANTIKAN MAZMUR TANGGAPAN?

Posted by liturgiekaristi on May 8, 2011


Pertanyaan umat :

didlm Perayaan Ekaristi  atau ibadat lingk / kring, bolehkan diselipkan lagu antar bacaan stlh petugas membacakan bacaan & sbelum Injil di maklumkan ? Bagaimana sebaiknya ?

Lagu atau nyanyian antar bacaan masih sering dipakai terutama pada saat ibadat atau misa dilingkungan / kring, daripada menggunakan atau menyanyikan Mazmur tanggapan yg sesuai dg bacaan saat itu.

Nah, bagaimana sebaiknya ? dan bagaimanakah c…ara memilih Mazmur Tanggapan utk suatu bacaan ?

kita perlu melihat makna menyanyikan Mazmur yaitu :
Pertama : jawaban atau tanggapan jemaat atas sabda Allah yang telah diwartakan di mana tanggapan tersebut terwakili lewat pengalaman umat Israel yang tercantum dalam kitab Mazmur

Kedua : menjawab dengan pujian atas karya-karya Illahi dari Allah yang terus berlangsung sejak dunia ini diciptakan-Nya hingga sekarang ini

Ketiga : merupakan pewartaan kabar gembira tentang karya keselamatan Allah, di mana karya keselamatan ini memuncak pada diri Yesus Kristus Putra Nya yang tunggal.

ketiga makna tersebut memberi kesimpulan pada kita bahwa teks atau syair yang dinyanyikan atau didaraskan pada Mazmur Tanggapan, bukan bersumber dari SEMBARANG NYAYIAN. Teks atau syair dalam Mazmur Tanggapan harus BIBLIS/ALKITABIAH (bersumber pada Kitab Suci) yang kebanyakan diambil dari Kitab Mazmur, oleh karena itu jangan mudah menggantikan lagu Mazmur Tanggapan dengan lagu lainnya, apalagi lagunya tidak biblis.

Dalam PUMR 61 dikatakan : “Jika sulit untuk dinyanyikan maka Mazmur cukup dibacakan dengan diusahakan refren tetap dinyanyikan. Jika ini masih sulit dilakukan maka Mazmur dan refrennya dapat dibacakan bergantian. Tidak dibenarkan mengganti Mazmur dengan lagu-lagu lain bertema ‘Sabda Allah’.

Nyanyian pengantar injil, Sejak tahun 1970, Bait pengantar Injil mulai diterapkan dalam perayaan ekaristi. Bait Pengantar Injil adalah satu sisipan atau perikop yang berkaitn dengan isi Injil yang dibacakan pada saat itu. Secara Jelas dalam PUMR 62c dikatakan : “bait pengantar injil harus dinyanyikan. Jika tidak mampu menyanyikannya, maka bagian ini sebaiknya tidak didaraskan (dibacakan) dengan kata lain ditiadakan”

kebetulan baru kemarin saya nulis di blog tentang mazmur tanggapan dan Bait Pengantar Injil…lebih rincinya bisa dilihat di http://belajarliturgi.blogspot.com/2011/05/mazmur-tanggapan-bait-pengantar-injil.html

Noor Noey Indah

Dalam rangka pembaruan liturgi, Konsili Vatikan II menaruh perhatian besar thd Kitab Suci yg adlah sabda Tuhan. Dalam setiap kegiatan liturgi, Kitab Suci, termasuk mazmur tanggapan, diberi tempat dan peran yg amat penting, dan keduanya dili…hat sebagai pokok dari Liturgi Sabda.

Tata Bacaan Misa (TBM) menegaskan, “Bacaan-bacaan Kitab Suci tidak boleh diganti dengan bacaan lain; begitu juga mazmur yang diambil dari Kitab Suci. Sebab lewat Sabda Allah yang diwariskan secara tertulis itulah ‘Allah masih terus berbicara kepada umat-Nya’.” (bdk. TBM, 12).

Pencerahan dari SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Sebagaimana dikatakan sdr. Johanes Ogenk Jbso, bahwa Sabda Allah yang telah kita dengarkan, kita menanggapainya dengan bermazmur yang adalah juga Sabda Allah. Artinya Allah menaruh pada mulut (hati) kita SabdaNya, yaitu Mazmur untuk menangg…api SabdaNya. Hal ini merupakan tradisi dalam liturgi Gereja sejak awal, bahkan sejak dari tradisi Yahudi dan berlangsung sepanjang sejarah sampai sekarang.

Maka sebaiknya dalam perayaan Ekaristi di lingkungan/kring atau misa harian digunakan Mazmur Tanggapan, entah dinyanyikan atau didaraskan/dibacakan. Atau refreinnya dinyanyikan, ayat²nya dibacakan.

Lalu bagaimana caranya lagu mazmur yang sesuai dengan Mazmur pada hari yang bersangkutan? atau lagu refrein mazmur sesuai dengan Mazmur pada hari itu? Caranya :

1. Kalau punya buku Mazmur Tanggapan dan Alleluia, di halaman belakang buku itu ada INDEKS ALKITAB yang merujuk halaman buku Mazmur Tanggapan dan Allelui… lalu lihat nomornya yang sesuai dengan nomor lagu dalam buku Puji Syukur.

2. Kalau tidak punya buku Mazmur Tanggapan… untuk mendapatkan lagu refrein Mazmur yang sesuai: lihat di halam belakang buku Puji Sykur di INDEKS ALKITAB, Mazmur apa pada hari bersangkutan… lalu Mazmur tsb atau salah satu ayat yg merupakan refrein dr Mazmur tsb merujuk ke nomor lagu atau refrein mazmur di Puji Syukur.

Contoh, pada hari ini, jumad pekan Paskah II, 6 Mai 2006, Mazmur tanggapan hari ini adalah : Mzr 27: 1,4, 13-14. Untuk mendapatkan lagu refreinnya dalam buku Puji Syukur: di INDEKS ALKITAB menunjukkan bahwa Mazmur 27 ada beberapa pilihan. Saya memilih Mzr 27: 1, yang menunjukkan lagunya di Puji Syukur no. 649 atau refrein lagunya di PS no 847. Saya memilih refrein lagu mazmur PS no 847, sedangkan ayat-ayatnya dibacakan.

3. Cara yang lain, dulu di lembaran kuning buku Puji Syukur pada bagian tentang Tata Perayaan Sabda Hari Minggu, ada dicantumkan nada-nada lagu untuk mendaraskan refrein suatu ayat KS atau Mzr. Atau nada lagu yang menjadi pilihan pada Ibadat Harian. Yang punya PS cetakan lama bisa dilihat di situ atau di Madah Bakti cetakan terbaru.

Mungkin tayangan Kalender Liturgi bisa ditampilkan di page Facebook ini sehingga mudah diakses.

Salam
Philippe

Henricus Haryanto Kenyataan yang ada saat ini : banyak romo yg setuju dan malah ikut menyanyikan lagu antar bacaan(bukan mzmur) sebelum bacaan injil dilakukan. Beberapa romo bahkan membuat pernyataan bahwa bagian dari PE yg tidak boleh diubah2 adalah saat konsekrasi.Bagian lain boleh disesuaikan .

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 60 other followers

%d bloggers like this: