Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 430,881 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

LITURGI SABDA DAN PARTISIPASI AKTIF UMAT

Posted by liturgiekaristi on March 7, 2011


Pertanyaan umat :

Menurut TPE baru. Para lektor/lektris tidak perlu membaca JUDUL, maupun BAB serta AYAT dari bacaan yang dibacakan pada Bacaan 1 dan ke 2. Cukup disebutkan BACAAN DARI…..Apakah lektor/lektris di paroki anda sudah menerapkan yang benar sesuai anjuran TPE?

PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ:

Tugas Lektor adalah membacakan firman atau Sabda Allah. Judul adalah tambahan penyunting untuk mempermudah si pembaca agar bisa membawakan sesuai dengan tekanan Bacaan.

Ayat adalah hasil kerja keras St. Heronimus untuk menandai teks KS agar mudah menemukan bersama manakah teks yang dimaksudkan. Maka angka bab dan ayat juga tidak perlu dibacakan.

Alasan ketiga, sebenarnya menurut TPE atau PUMR baru umat kan diharapkan mendengarkan Sabda, maka tidak tahu bab dan ayatnya juga tidak menjadi soal, asal tetap dibacakan ‘nas’ itu diambil dari mana (Kitab, Surat …. dll)

PENCERAHAN DARI PASTOR BERCE RORIMPANDEY PR

Judul, bab dan ayat memang tdk perlu dibaca. Karena bila Alkitab dibacakan dlm grja, Allah sendiri yg bersabda kpd umat-Nya dan Kristus sendiri mewartakan kabar gembira sebab Ia hadir dalam sabda itu.Jdi lektor/lektirs bertindak “seakan-akan” Allah yg pd saat itu sedang bersabda kpd umat. Karena itu lektor/lektris harus sungguh2 mempersiapkan diri dgn baik sebelum membaca. Bahkan, lektor/lektris perlu berdoa (dlm hati) seb. mmbaca KS.

PENCERAHAN DARI PASTOR ZEPTO PR :

Pola pembacaan Firman dalam PE adalah pola Allah BERSABDA, banda Israel MENDENGARKAN.
Maka, kini yang paling penting adalah: ketika Firman di-BACA-kan, umat MENDENGAR-kan, bukan ikut-ikutan membacakannya.
Oleh karena itu, penyebutan bab/ayat menjadi tidak relevan. Yang memang harus disebutkan adalah sumber bacaan diambil dari Kitab/Surat/Injil mana. Itu saja yang perlu disebutkan.
Dalam Buku Bacaan Misa juga pada Buku Misale (Al. Wahyasudibja, Pr., terbitan Kanisius, Yogyakarta) secara sangat tepat menuliskan bab/ayat. Bab/ayat ditulis dengan huruf italic dan masih diberi tanda kurung.
Semoga input ini bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: