Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 446,574 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PERAYAAN EKARISTI HANYA DENGAN 2 BACAAN SAJA ?

Posted by liturgiekaristi on March 7, 2011


Pertanyaan umat :

1. Perayaan Ekaristi pada hari Minggu boleh tidak menggunakan dua bacaan saja? (Bacaan Pertama dan Injil)? kebanyakan alasannya menggunakan dua bacaan, bukan tiga bacaan supaya misa lebih cepat. <<menyedihkan….

2. Romo, tidak sah itu maksudnya ilicit? Kalau invalid rasanya meniadakan bacaan Kitab Suci tidak akan membuat Misa menjadi invalid.

PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ :

Pernah ada yang bertanya serupa kepada saya, dan saya jawab simple:
a. Kalau mau cepat dan mau mengurangi yang dikurangi adalah yang tidak essensial dan tidak mengurangi keabasahannya: lagu-lagu tambahan, homili.

b. Mengapa Homili saya kategorikan “bisa” dikurangi dan tidak esensial, cara lihatnya sederhana: Misa tanpa khotbah, sah. Misa ada khotbah tapi KS hilangkan = tidak sah.
Misa tanpa nyanyian tapi yang lain lengkap = sah; misa nyanyi, tapi tanpa KS = tidak sah. …

c. Tetapi sebenarnya orang mengkorup bacaan hanya demi alasan supaya cepat, adalah alasan yang menyedihkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kalau alasan serupa ini terus diikuti maka nanti misa hanya menjadi peristiwa “ambil hosti” saja. Orang lalu dengan tanpa merasa berdosa datang telat dan habis sambut komuni langsung ngacir pulang.

Akhirnya saya pernah menjawab juga ungkapan senada di suatu komunitas katolik, dengan mengatakan: “OK saya akan sediakan komuni yg telah diberkati di depan pintu, silahkan yang tidak waktu untuk Tuhan ambil dan pergi, tetapi jangan menuntut saya misa secepat dan ikut model anda, karena saya ingin menikmati perayaan ekaristi yang saya rayakan sebagai saat kebersamaan Tuhan untuk saya.”
Ternyata tidak ada yang mengamini ide “menyediakan sibori terberkati itu” dan setuju ikut misa penuh …. dan kata-kata saya itu terus mereka ingat…..

Hehehee …. Daniel saya tidak pernah menemukan pedoman Misa tanpa bacaan KS. Yang ada justru Bacaan dari KS (ibadat Bacaan) tidak boleh digantikan dengan teks lain.
Digantikan saja tidak boleh, apalagi dihilangkan. Ini menyangkut validitas atau liceititas? Rasanya dua-duanya bukan, walau liceititasnya lebih kuat?
Nah, mempertahankan nyanyian (lihat Misa Hari Minggu, maka saya mengandaikan ada nyanyian, lalu supaya tidak panjang dikorting bacaannya, tetapi masih ada bacaan KS, jadi validitasnya masih terpenuhi) dan menghilangkan Bacaan – rasanya tidak jauh amat bedanya dengan ‘mengganti’ bacaan yang seharusnya dibacakan dengan nyanyian.

Dalam Tata Ibadat kita, nyanyian yang dimaksudkan dalam pertanyaan di atas rasanya posisinya sebagai pendukung demi indah dan meriahnya Misa, jadi dalam porsi tertentu bsa dikategorikan sebagai ‘tambahan’ artinya tidak termasuk bagian pokok. Maka rasanya tidak baik mengorbankan bagian pokok, dan menggantikannya dengan hal yang hanya bersifat tambahan. ;-)…

NB Bahwa ada beberapa romo mempraktikkan atau menyetujui praktik salah, saya kira itu justru yang harus diperbaiki. Kesalahan atau kekeliruan tidak sengaja dan tanpa disadari bisa saja kita kategorikan “ecclesia suplet” untuk hal yang tidak serius.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: