Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 480,081 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

“..Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami…”

Posted by liturgiekaristi on March 7, 2011


Pertanyaan umat:

“..Tuhan Yesus Kristus, jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami…”
PERTANYAAN: Siapakah yg seharusnya mendaraskan doa ini: IMAM atau UMAT? Baru2 ini seorang romo yg cukup senior menegur seluruh umat sesaat sebelum berkat penutup, Bhw doa itu seharusnya diucapkan ‘hanya …oleh Imam’ dan hanya boleh di-‘Amin’-i oleh umat. Pd pelaksanaannya, sangat umum diucapkan beramai-ramai.

PENCERAHAN DARI BP. THOMAS RUDY

kalau menurut misale romanum 2002, itu adalah doa presidensiil, jadi yg mengucapkan hanya imam… umat meng-amini

PENCERAHAN DARI BP. AGUS SYAWAL :

Benar bahwa doa itu adalah doa presidensial imam.
Umat tidak perlu ikut-ikutan mendoakan apa yang bukan bagiannya.

PENCERAHAN DARI PASTOR ZEPTO PR:

Tentang DOA DAMAI DALAM PE. Beberapa input saya.

Pertama, memang benar, doa itu bagiannya IMAM. Bagi yg punya buku ‘TPE-Buku Umat’ jelas tertulis bhw umat hy mengaklamasikan ‘AMIN’ saja.

Kedua, tentang RUMUSAN DOA IMAM. Terjemahan TPE 2005: “Saudara-saudara, terkasih, Tuhan Yesus …. Oleh karena itu, marilah kita….dst.” Ini kalimat ajakan yg tertuju kepada umat. Setahu saya dalam Missale Romanum kalimat doa damai ini memang merupakan kalimat doa yg tertuju kpd Tuhan: “Domine Iesu Christi qui dixisti apostolis tuis pacem meam relinquo vobis, pacem meam do vobis. Ne respicias ….”

Ketiga, Jadi, rupanya rumusan Doa Damai dlm TPE 2005 memang MEMANCING UMAT untuk ikut2an ambil bagian dlm doa yg sebetulnya milik imam. Menurut saya, rumusan doa damai oleh imam yg ada skarang secara pastoral berpotensi memunculkan kebingungan spt yg dipersoalkan di Page ini.
Perlu di-revisi? Pihak yg lebih berkompeten kiranya bisa menanggapi. Tks.

Salam, Zepto-Triffon.

PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ:

Dalam sosialisasi TPE BARU 2005 lalu romo Martasudjita menjelaskan bahwa :
a. Doa itu seperti tertulis di TPE – diucapkan oleh imam dan diamini oleh umat.

b. Tetapi rumusan teks yang tertulis di TPE salah, karena ambil alih dari teks lama. Seharusnya teks itu tanpa ajakan, sehingga diminta para romo mengoreksi sendiri menjadi:… See More
(Saudara-saudari)… See More
Tuhan Yesus Kristus [Engkau] bersabda kepada para rasul,
“Damai Kutinggalkan bagimu,
damai-Ku Kuberikan kepadamu.”
(Maka marilah kita mohon damai kepada-Nya.
Tuhan Yesus Kristus),
jangan memperhitungkan dosa kami,
tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu,
dan restuilah kami
supaya hidup bersatu dengan rukun
sesuai dengan kehendak-Mu.
Sebab Engkaulah pengantara kami
kini dan sepanjang masa.

U: Amin.

* ( …) = dihapus / dihilangkan.
* […] = ditambahkan ke teks yang ada.

Kalau doa itu diucapkan bersama, maka seruan “Amin” tidak tepat dikatakan, karena siapa mengamini doa siapa? Kalau saya mengamini doa saya sendiri, ya lucu … karena itu pasti dong. Kalau tidak diamini ya ngapain pula doa gituan!?!?

c. Tetapi ternyata beberapa Uskup memilih tetap mempertahan teks salah itu, dan mengajak umat untuk mendoakan doa damai itu …. dan soal Amin yang aneh tadi ya tetap saja …. tidak dipikiran pas atau tidak pas, dan logis atau gak logisnya.

Bagaimanakah di keuskupan Anda? 🙂

KOMENTAR DARI BP. DANIEL PANE:

Draft terjemahan Romo sangat Latin hihihi kalau mau lebih menyerupai teks asli, mungkin “Sebab Engkaulah pengantara kami” diganti menjadi “Engkau yang hidup dan berkuasa” (Qui vivis et regnas)

PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ :

@ Daniel Pane: hehhehee … kan memang pedoman induk Missale kita ya Missale Romanum, hanya tadi saya tidak sempat check teks aslinya …. dan memang benar:

(Deinde sacerdos, manibus extensis, clara voce dicit:)
DĂłmine Iesu Christe, qui dixĂ­sti ApĂłstolis tuis: Pacem relĂ­nquo vobis, pacem meam do vobis: ne respĂ­cias peccáta nostra, sed fidem EcclĂ©siae tuae; eámque secĂşndum voluntátem tuam pacificáre et coadunáre dignĂ©ris…. See More

(Iungit manus.)
Qui vivis et regnas in saecula saeculĂłrum.

(Populus respondet:)
Amen.

* ( … ) = dicetak merah, rubrik yang harus diperhatikan dan atau dilakukan

Teks Italia pun sama dengan Latin:

Signore GesĂą Cristo, che hai detto ai tuoi apostoli:
“Vi lascio la pace, vi do la mia pace”, … See More
non guardare ai nostri peccati,
ma alla fede della tua Chiesa,
e donale unita e pace secondo la tua volontĂ .
Tu che vivi e regni nei secoli dei secoli.

(Amen.) – dicetak miring, artinya yang diucapkan umat.

… Teks Spanyol sama dengan teks Italia:

Señor Jesucristo, que dijiste a tus apóstoles:
“La paz os dejo, mi paz os doy”;
no tengas en cuenta nuestros pecados,
sino la fe de tu Iglesia
y, conforme a tu palabra, concédele la paz y la unidad.
TĂş que vives y reinas por los siglos de los siglos.

(Amén.)

… Teks Perancis .. hanya disebut “meraja selama-salamnya”

Seigneur JĂ©sus Christ, tu as dit Ă  tes ApĂ´tres :
« Je vous laisse la paix, je vous donne ma paix » ;
ne regarde pas nos péchés mais la foi de ton Église ;
pour que ta volonté s’accomplisse,
donne-lui toujours cette paix,
et conduis-la vers l’unitĂ© parfaite,
toi qui règnes pour les siècles des siècles.

(Amen.)

TANGGAPAN DARI PASTOR ZEPTO PR:

Nah, menjadi semakin jelas, bagian tsb ternyata masih perlu di-REVISI supaya ‘lebih mendekati’ teks asli. Sama halnya dgn bagian tertentu dalam AKU PERCAYA (lihat rangkuman dalam Notes).
Maaf, kalau terlalu konservatif serentak progresif. Hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: