Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 375,935 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

MEMBUAT TANDA SALIB DENGAN AIR SUCI PADA SAAT MASUK GEREJA

Posted by liturgiekaristi on March 8, 2011


Pertanyaan umat :

Pada saat awal memasuki gereja untuk merayakan Ekaristi biasanya kita membuat tanda salib dengan air suci. Namun pada saat keluar setelah selesai perayaan Ekaristi sebagian umat tidak membuat lagi tanda salib dengan air suci tersebut. Argumennya begini : Sebelum memasuki gereja itu kita perlu mohon dikuduskan dengan membuat tanda salib agar layak merayakan Ekaristi, tapi saat keluar tidak perlu dikudusksn lagi karena kita sudah dikuduskan oleh Sabda dan Korban Kristus. Bagaimana seharusnya yang dibenarkan secara liturgi?

PENCERAHAN DARI BP. AGUS SYAWAL YUDHISTIRA:

Secara spesifik, ini adalah devosi yang bermakna, namun bukan bagian dari liturgi itu sendiri.

Karenanya tidak ada aturan yang membatasi ataupun yang mengharuskan seseorang untuk menggunakan air suci ketika masuk atau meninggalkan Gereja.

PENCERAHAN DARI PASTOR ZEPTO PR :

Tentang TANDA SALIB DENGAN AIR KUDUS DI (DEKAT) PINTU GEREJA SEBELUM/SESUDAH PERAYAAN EKARISTI.

Beberapa input saya:

Pertama. Saya setuju dgn Agus Syawal pd postingan pertama. Membuat tanda salib dgn air suci di (dekat) pintu gereja BUKAN-lah bagian INTEGRAL dari Liturgi. Itu hanyalah praktek2 DEVOSIONAL-POPULER yg bercorak mendukung penghayatan hidup beriman. Namun tetap saja itu ‘bukan wajib’.

Kedua. SAKRAMEN PEMBAPTISAN SBG KONTEKS. Tanda salib dgn air kudus itu hanyalah sarana bantu untuk mengenangkan pembaptisan (dalam nama Bapa & Putra & Roh Kudus) yg dulu sudah pernah diterima. Di byk ‘gereja tua’ bejana baptis masih ditempatkan di dekat pintu masuk gereja. Bahkan, di tempat2 tertentu, kapel-pembaptisan dibangun di depan/luar gereja utama.

Ketiga. PEMAKNAAN-1: PENGUDUSAN. Sakramen baptis bermakna membersihkan manusia dari dosa, mengangkat seseorang mjd putra/i Bapa, mjd anggota keluarga Bapa.

Pembaptisan mengangkat dan menguduskan manusia.

Mengingat akan pemaknaan ini maka tanda salib dgn air kudus ini dibuat ketika me-MASUK-i gedung gereja.

Keempat. PEMAKNAAN-2: PENGUTUSAN. Dgn menerima baptis, seseorang diteguhkan dan diutus untuk mewartakan pengampunan dan kebaikan2 Allah. Orang diutus utk menjadi penghadir terang Kristus bg dunia, dan menjadi pewarta kabar sukacita, kabar pembebasan.

Mengingat akan pemaknaan ini maka org membuat tanda salib dgn air kudus ketika hendak KELUAR/PULANG.

Kelima. Inilah yg jauh lebih penting: penyadaran. TANDA SALIB dgn air kudus KETIKA MASUK ke dan KELUAR dari gereja bukan sekedar memenuhi kebiasaan, BUKAN OTOMATISME. Itu merupakan tindakan devosional yg kaya makna. Sayang sekali kalau orang yang membuat tanda salib tsb kurang (bahkan, tidak) menyadari: karena apa dan untuk apa tanda salib dgn air kudus itu dibuatnya sebelum dan sesudah Ekaristi.

Semoga bermanfaat. Salam, Zepto-Triffon Polii.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: