Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 446,587 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

NATAL – Kapan hiasan patung tiga raja ditempatkan di kandang Natal?

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Pertanyaan umat:

“Saya mudika yang sering terlibat mendekorasi gereja untuk natal. Saya mau tanya,hiasan patung2 tiga Raja itu apakah benar tidak boleh ditaruh di sekitar guasampai bulan Januari pada saat pesta tiga raja2? Kalo benar emangnya kenapaharus begitu??”.

Pencerahan dari Pastor Liberius Sihombing:

Menurut sy, perayaan Natal mulai dari malam Natal, oktaf natal, evifani sampai pada pembaptisan Tuhan (sblm masuk masa biasa) merupakan satu kesatuan pengenangan akan kelahiran Yesus. Kandang natal adalah suatu cara untuk membantu kita menghayati kisah itu yg direpresentasi degn membuat patung2 utk membantu kita mengerti dan memahami kisah tersebut, entah itu patung malaikat, manusia (3 raja dari Timur), anak gembala dan semua jenis ternak. Dalam dekorasi natal, oleh karena perayaan sepanjang natal itu adalah satu kesatuan [tanpa ada pemisahan2] maka segala hal yg terkait dgn masa natal itu dipadukan bersama, termasuk penempatan 3 patung orang majus dari timur. Sejauh sy mengerti tidak ada ajaran yg mengatakan bhwa patung orng majus itu tdk bisa ditempatkan

sampai pada bulan januari pada pesta 3 raja’ sama seperti pertanyaan si mudika

Tp perlu ditata posisinya supaya menunjukkan kisah orng yg sdng dlm perjlanan mencari ‘Bintang Kejora’ yg diwartakan malaikat Tuhan. Maka soal penempatan patung majus itu, kepada mudika yg bertanya, tdk usah menjadi cemas atau malah jd berkurang imannya krn mendapat informasi yg mungkin kurang tepat. Silakan dekorasi kandang natal oleh karena iman dan utk membntu umat Allah semakin beriman [skedar info: di tmpat sy tugas ga ada patung lain selain patung kanak2 Yesus, Maria dan Yosef. Mengapa? Krn kurang uang membeli patung gua natal yg lengkap…hehe just kidding]. Mt adven

PENCERAHAN dari Bapak Onggo Lukito :

Gunanya goa natal kan untuk mempermudah penghayatan umat beriman pada peristiwa yang sedang dirayakan. Kita tidak menaruh patung bayi Yesus, Yosep, Maria, malaikat dan gembala pada Minggu Adven IV misalnya, karena Minggu itu tidak merayakan kelahiran. Patung2 tersebut baru akan ditaruh ketika menjelang menjelang malam Natal ketika kita merayakan kelahiran Yesus.

Begitu juga dengan patung tiga raja baru diletakkan saat Epifani yang akan jatuh 2 Januari mendatang, untuk membantu umat menghayati perayaan hari itu. Umat yang tadinya tidak melihat patung tiga raja saat HR Natal, tentu akan melihat sesuatu yang beda ketika patung tersebut sudah diletakkan. Dari situ diharapkan umat lebih menghayati.

Kalau pertanyaannya apakah boleh meletakkan patung tiga raja sebelum epifani? Ya tidak apa2 juga. Seperti yang dibilang Romo Liberius meletakkan patung tiga raja sejak awal bisa memperlihatkan satu kesatuan peristiwa. Maka sebaiknya konsultasikan dengan Romo Paroki karena berkaitan dengan isi homili yang akan mereka sampaikan pada masa2 itu.

PENCERAHAN dari Pastor Yohanes Samiran

‎…..Tradisi gua Natal mulai populer sejak dimulai oleh Fransiskus Assisi. Setidaknya begitulah tradisi yang diyakini di Italia (kalau kita mengunjungi Assisi, terutama di Basilika St Maria degli Angeli, di mana Fransiskus pertama kali membuat gua natal).

Untuk peletakan sejumlah patung, tidak ada aturan baku, baik menyangkut penempatan maupun waktu periodisasinya. Patokannya adalah karena Gua Natal itu maksudnya untuk membantu mempermudah penyampaian pesan Natal, maka imaginasikanlah kisah dalam Injil itu.

Maka, untuk penempatan patung 3 raja sebelum peristiwa epifani, tentu saja bisa mempertimbangkan beberapa hal praktis:

a. Di mana misa dirayakan rutin, apalagi juga harian, maka akan amat baik kalau memang patung 3 raja atau sarjana dari timur itu dipasang saat Hari Raya Penampakan Tuhan (Epifani), sebenarnya tanggal resminya adalah 6 Januari; tetapi karena alasan praktis bisa dirayakan pada Hari Minggu yang dekat dengan tanggal itu, setelah Minggu Keluarga Kudus.

b. Untuk tempat (kapel, stasi, dll) yang perayaan Natal hanya dibuat sekali itu, karena banyak tempat misa sehingga di tempat itu hanya bisa dirayakan sekali saja, maka artinya tidak akan ada perayaan Epifani di tempat itu, maka patung 3 raja sebaiknya dipasang saat Perayaan Natal dirayakan.

Tujuannya, patung dan gambaran gua itu bisa menjadi sarana pengajaran dan refleksi iman umat, dan khususnya orang tua mengajarkan kepada anak-anaknya. Sekaligus di tempat Misa rutin dirayakan, dan patung 3 raja baru dipasang saat Epifani, tentu menguntungkan untuk menata kembali dekorasi gua Natal yang hampir sekitar 10 hari lalu dibuat itu, agar kembali segar, semarak, dan membantu penghayatan iman umat.

salam,Yohanes

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: