Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 351,854 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

ADVEN – Bolehkah mendengar lagu Natal selama masa Adven?

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Pertanyaan umat :

“APakah tepat pada masa adven seperti sekarang ini dimana bacaan-bacaan liturgi masih bertemakan penantian, kemudian orang katolik sudah mulai memutar lagu natal di rumah, mobil, kantor, dll? Apakah manfaat memutar lagu-lagu natal terhadap peningkatan penghayatan iman pada masa adven?”

PENCERAHAN dari Pastor Christianus Hendrik

Dear Fans,

Kalo saya sedang pake kalung salib, itu gak bisa disimpulkan bahwa waktu itu sedang masa prapaskah atau sedang jalan salib. Kalo saya pake baju kaos bergambar Maria di punggungnya, itu gak berarti sedang bulan Mei atau Oktober dalam rangka menghormati Maria. Kalo saya putar lagu2 natal untuk minat dan kebutuhan saya pribadi, itu tidak selalu berarti saat itu natal (walau bisa mengingatkan pada Natal). Dalam retret pribadipun kadang saya memutar lagu natal, prapaskah dan Paskah sekaligus dalam waktu kurang dari seminggu. Gunanya untuk bahan refleksi selama retret saya, dan itu bisa kapan aja saya mau retret.

Jangan terlalu sempit dan terlalu mudah mengklaim setiap tindakan2 kecil dan personal sebagai ‘yang mewakili gereja’ dan seakan mengganggu kebersamaan iman, lalu apa2 dilarang. Belajarlah dari para Ahli Taurat dan kaum Farisi yang dikecam oleh Yesus.

Hal itu menjadi lain urusannya kalo dalam masa Advent seperti ini dalam perayaan Ekaristi kelompok koor sudah menyanyikan lagu2 natal di Gereja, dalam hal itu bolehlah ditegur dan diberi peringatan bahwa hal itu mengacaukan konteks penghayatan iman kita. Lain juga urusannya kalo dalam suatu kegiatan keimanan, pertemuan lingkungan, doa rosario, sembahyangan, lalu di tempat kegiatan itu pada hari2 ini sudah diputar lagu2 natal dan didengarkan bersama2…Itu sudah suatu kegiatan yang meng atas-namakan Gereja dan bisa membingungkan.

Kalo misalnya dalam Page ini sudah dimunculkan lagu2 natal dengan tujuan share, memberi informasi khazanah lagu2 natal yang bisa diupload dan diakses untuk kepentingan natal nanti yang semakin dekat….Itu tidak ada kaitannya langsung dengan segi penghayatan dan ritual iman kita-walaupun isinya sangat Katholik, atau berbentuk renungan yang mengantar ke persiapan natal!! Silahkan aja kalo yang terganggu ya gak usah di klik, tungguin aja sendiri sampe nanti natal tiba baru diklik dan dinikmati sendiri… Siapa yang mampu melarang?? Siapa yang akan mengatur hal2 yang menyangkut hak dan urusan pribadi??

Yang kurang pas dan kurang sepantasnya itu kalo apa yang kita lakukan – yang katanya dibilang tidak sesuai itu – dilakukan dalam konteks kegiatan iman dan ritual liturgi resmi Gereja, itu tentu akan menimbulkan kerancuan.

Bagi saya pribadi kalo melihat di Page ini sudah dishare lagu2 natal, ya terimakasih aja…kalo saya lagi terlalu focus dengan Advent dan gak mau terganggu ya gampang toh…gak usah klik! Jadi kita sendiri yang harusnya mempunyai sensor pribadi, dan di lain pihak kita tidak perlu harus ‘memaksakan kehendak dan pikiran’ kita supaya orang harus sama seperti kita semua. Soalnya untuk hal2 yang cenderung bersifat pribadi seperti memutar lagu2 natal (walaupun toh bisa dinikmati sebagai bentuk kebersamaan di luar konteks kegiatan Gereja) seperti ini sulit dikontrol atau diklaim sebagai tindakan formal, kolegial dan institusional…jadi hati2 untuk tidak terlalu mudah “………..”

Sedapat mungkin buatlah hal2 yang sulit menjadi lebih mudah, bukan sebaliknya.

Selamat mempersiapkan Natal – seharusnya diandaikan hari2 ini jiwa dan semangat kita sudah sungguh siap untuk menyambut kelahiranNya. Seperti seorang Ibu yang “sudah hampir saatnya” hari2 ini sudah harus memperlakukan dirinya secara khusus dan ekstra hati2 demi keselamatan bayi di kandungannya; demikian hidup kita harus sungguh dikhususkan bagi Dia yang akan datang untuk mencurahkan berkah kasiNya bagi kita. Jangan ada lagi urusan2 lain di luar issue natal kelahiranNya; apalagi ribut2, selisih paham, pertengkaran yang justru itu bisa merusak penghayatan natal kita yang indah ini.

Biarlah mulai diperdengarkan lagu2 natal abadi sepanjang jaman, agar keindahan dan keagungan nuansa natal itu sudah membentuk “karakter pribadi” kita menjadi pantas bagi Dia.

Salam kasih,

P.Christianus Hendrik SCJ – South Dakota-USA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: