Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 446,930 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

ADVEN – Bolehkah umat Katolik hadir dalam undangan perayaan Natal?

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Pertanyaan umat :

Tiap menjelang natal, saya sering diundang teman saya yang kristen non Katholik untuk merayakan natal, tapi sering perayaannya jauh sebelum tanggal 25Desember. Bagaimana kita mensikapi hal ini sebagai orang Katholik, karenasetahu saya kita baru merayakan natal pada tanggal 25 Desember?? Mau menolaktapi susah member…i jawabnya he he..”.

PENCERAHAN dari Pastor Christianus Hendrik

Dear friends,

Dalam hal2 semacam ini ada yang disebut sebagai “kebijakan hidup” – tidak selalu tertulis sebagai aturan, tapi kiranya kita punya “rasa” dalam hidup bermasyarakat.Beragama itu bukannya membuat kita terasing dan menjadi sulit dalam hidup bermasyarakat, tapi justru seharusnya mempermudah dan menjembatani hubungan kita dengan yang lain.

namun harusnya sebagai orang Katholik, identitas kita harus jelas dulu pertama2; dipahami sepenuhnya mana yang menjadi milik kita, ciri khas kita dan dasar2 iman kita; baru kemudian kita tahu harus bagaimana mensiasati kehidupan bermasyarakat atas dasar iman kita.

Waktu saya tugas di paroki, sering juga diundang untuk natalan oekumene dari teman2 gereja lain. Prinsipnya saya menjelaskan: bahwa sebelum tanggal 25 Des, saya sebagai orang Katholik punya program pengembangan iman saya bersama umat dengan apa yang kami sebut masa Advent. Ini masa2 penting bagi kami secara rohani, spiritual dan bahkan fisik mempersiapkan diri secara matang agar sungguh layak menerima Dia yang akan datang pada saat natal dan juga yang akan datang dalam hidup saya. Tidak ada yang lebih penting dari upaya menjadikan diri saya sepantasnya bagi Dia yang mau datang untuk diri saya.

Maka kemudian saya katakan: “Kalau kamu mau mengerti saya dan menghormati saya, kamu tahu bahwa seharusnya saya tidak akan datang untuk perayaan yang belum waktunya bagi saya. Tetapi kalo kamu sulit mengerti saya, ya tidak apa2, saya akan datang hanya karena saya menghormati kamu yang mengundang saya, tidak lebih dari itu” Pertimbangan itupun bagi saya harus dipertegas dengan situasi yang saya hadapi. Kalo undangan itu menempatkan saya sebagai tamu yang vital, mempengaruhi suasana, atau terlibat dalam salah satu acara untuk memeriahkan, atau harus berbicara di depan publik…ya sebagai cara menghormati mereka ya saya datang saja. Tapi kalo undangan itu sifatnya sekedar undangan sebagai tamu biasa, tanpa peran apa2, ya biasanya saya jelaskan seperti di atas dan setelah itu tidak perlu datang.So, saya kira anda masing2 yang paling tahu situasinya dapat secara bijaksana menentukan sendiri perlu datang atau tidak. Yang penting kita tahu yang seharusnya, lalu tahu juga yang sebaiknya.

Salam hangat,P.Christianus Hendrik SCJ – South Dakota – USA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: