Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 456,417 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

LITURGI VS UMAT

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


KASUS DARI SHARING UMAT :

katanya di BELANDA, gereja kosong, isinya cuma orang2 tua, regenerasinya nyaris gak ada.”. ” Penyebab kosongnya gereja di Eropa adlh krn kita terlalu berusaha menyesuaikan Liturgi dng selera dan kebutuhan umat. Yang harusnya dilakukan adlh sebaliknya; menyiapkan (menyesuaikan) umat dng Liturgi bukan kebalikannya.

PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ :

….
Mungkin baik tanya orang Eropa asli, mengapa mereka tidak tertarik ke Gereja dan apa penyebab mundurnya minat ke Gereja. Supaya kita tidak menyimpulkan sendiri dari pikiran kita sendiri saja.

Sejauh saya tahu, saat saya dialog dengan keluarga Eropa (Italia, Belanda) dan beberapa romo Eropa dan Amerika Utara (US dan Canada), penyebab utama turunnya minat thd agama bukan liturgi. Tanda-tanda menurun sudah terbaca sejak tahun 50-an (jadi sebelum KV II). Dan mereka umumnya mengatakan salah satu andil terbesar adalah: revolusi industri; makin banyak dan kuatnya persaingan dan fokus kepada persaingan pasar dan kerja.
Akibatnya pendidikan agama dalam keluarga lemah. Katekese publik juga lemah atau malahan tiada.
Dan tantangan terakhir yang juga signifikan adalah kenyamanan dan kemapanan hidup yang tinggi baik secara material (finansial – ekonomis) mau pun agama, karena merasa mayoritas atau malah total kristiani, maka Gereja “tidur” dan tak tertantang. Tetapi di negara di mana Gereja ditekan, seperti Eropa Timur, katolik tetap kuat dan hidup.

Nah, kalau anak-anak sendiri tidak dididik agama, dan tidak lagi diajak ke gereja dan tidak lagi diperkenalkan dengan adat kekatolikan, maka walau pun KTPnya 100% Katolik, ya anak tidak ada minat dan ikatan batin dengan Gereja.
“Tak kenal maka tak sayang”, “Witing tresna jalaran saka kulina”. Pribahasa tua ini masih tetap efeknya tahan jaman dan terbukti jitu.

Maka mau membunuh Gereja itu gampang:
a. Pisahkan atau jauhkan minat anak kita dari Gereja.
b. Tanamkan rasa tidak menghargai Gereja, entah mulai dari imamnya, liturginya yang gak menariklah …. sampai ke semua pelayanannya …. keluhinnnn terus bahwa tidak mutu. Nanti anak-anak kita kan akan belajar dari kita bahwa Gereja itu bukan sesuatu yang pantas dihargai.
c. Pecah belah kesatuan jemaat dengan misalnya:
– memanjakan imam / hirarkhinya dengan kemewahan duniawi sehingga umat lain merasa tersingkir;
– sebarkan isyu negatif tentang hirarkhi dan pelayanannya.
d. Campur-adukkan tradisi katolik dengan tradisi lain, berdasarkan rasa senang kita. Nanti kan lama-lama bahaya sekularisme akan masuk; sinkretisme akan meresap, dan indifferentisme akan menjamur.

Nah, tinggal tunggu waktu barang 50 sampai 100 tahun, maka sejarah Gereja akan berubah warna dan orientasinya.

Sadarkah teman-teman dengan sikap dan model ungkapan meremehkan hirarkhi, itu artinya kita sedang merongrong, menggembosi, merusak, mengkeroposkan tiang-tiang kehidupan gereja?
Umat atau awam boleh hebat, tetapi tanpa respek dan apresiasi sehat kepada lembaga Gereja sendiri, maka Gereja itu tidak ada. Umat tidak bisa tanpa imam, dan imam juga tidak bisa tanpa umat. Maka kalau sikap yang dibangun adalah sikap saling meremehkan ….. itu artinya rumah tangga kita hanya tinggal menunggu runtuhnya.

April 22

PENCERAHAN DARI PASTOR PHILIPUS SERAN :

Betul bahwa bayak gereja Eropa kosong, tetapi bukan sekarang, sudah sejak revolusi industri dan karena sekularisme… perlu juga kita ketahui bahwa di kota-kota, gerejanya (gedung) menjamur… jaraknya dekat-dekat, boleh dikatakan kurang lebih 100 meter ada gereja, belum lagi kapel-kapel… dan masih ada gereja yang penuh umat…

Sekarang sudah ada kebangkitan kembali iman katolik/kristen. Banyak contoh, tempat2 ziarah penuh dengan para peziarah (bukan turis ya… kalau peziarah dari Indonesia yg dituju hanya ke Lordes, ke Paris dan tempat lain hanya turis… hehehe).
Bisa dilihat juga di Vatikan, bagaimana audensi general Paus bersama para peziarah tiap Rabu di Lapangan St. Petrus atau Berdoa Angelus atau Regina Caeli di tempat kediamannya.
Setiap negara ada canel radio atau TV yang membahas dan menyiarkan hidup keimanan. Di Prancis ada TV pemerintah setiap minggu menyiarkan misa secara langsung dari gereja ke gereja dan dari kota ke kota…

Sangat menarik ketika melihat kunungan Paus ke Malta dan bagaimana kaum mudanya membuat paket acara bertemu Paus. Saya mau membaginya atau tag di bawah ini, bagi yang berminat, tetapi sebelumnya mohon maaf karena penyiarnya berbahasa prancis.

Ada juga banyak paket2 pendampingan kaum remaja tentang iman dan tentang gereja global. Ada acara tahunan bagi para remaja di Paris dan sekitarnya (hampir seribuan, yang terdiri dari beberapa gelombang) berziarah ke Liceaux (tempat ziarah Santa Théresia dari Liceaux)sambil pendalaman iman dan kehidupan gereja.
Pada akhir bulan Mai ini, saya kebagian untuk berbagi cerita tentang Indonesia dan Gereja Indonesia. Ada yang berminat bergabung dan membantu saya?? hehehe…

Paus Benediktus XVI berjumpa dengan kaum muda di Malta :

http://www.ktotv.com/videos-chretiennes/emissions/nouveautes/voyage-du-pape-rencontre-avec-les-jeunes/00049834
April 22

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: