Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 480,081 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

MEDIA DIGITAL UNTUK SARANA PEWARTAAN

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Topik :

HARI INI ADALAH HARI KOMUNIKASI SEDUNIA (PESAN DARI KOMSOS KWI)
Saudara-saudari , umat Allah terkasih. Pada hari ini Gereja Katolik merayakan Hari Komunikasi Sedunia yang ke 44. Tema yang diberikan oleh Bapa Suci Benediktus XVI kepada kita untuk direfleksikan adalah “”IMAM DAN PELAYANAN PASTORAL DI DUNIA DIGITAL: MEDIA BARU DEMI PELAYANAN SABDA”

Suatu tema yang cocok dengan perayaan tahun imam yang kita rayakan sepanjang tahun ini. Kita menyadari bahwa alat-alat komunikasi modern merupakan anugerah Allah sendiri. Akan tetapi anugerah itu hanya akan membantu kita sejauh kita menggunakannya secara bertanggungjawab dan dengan tujuan untuk pewartaan Kabar Gembira Allah kepada semua orang. Marilah kita berdoa agar bersama para imam, kita dapat mewartakan kabar gembira dengan penuh tanggungjawab melalui media komunikasi yang dianugerahkan Allah kepada kita.

PENDAPAT UMAT Ignatius Yosi
Bertanggung jawab itu intinya tapi sayang masih ada saja beberapa umat yg tidak bertanggung jawab bahkan disaat sedang mengikuti misa ada hp yg berbunyi dan ini sangat mengganggu kekhusukan bahkan saya pernah mendapati seorang lektris saat sakramen perkawinan di gereja dan duduk di baris depan sambil telpon2an bahkan juga di saat konsekrasi…hm… benar bahwa alat komunikasi modern merupakan anugerah Allah hanya sejauh mana kita bertanggung pada pemanfaatannya sesuai dengan waktu dan tempat yg tepat sehingga teknologi komunikasi menjadi tepat guna.

PENDAPAT UMAT Alphonsus Rodriguez Yudhi Irawan
Komunikasi memang sangat penting, tp harus dilakukan dgn benar. Para Imam diharapkan umat tdk gaptek dan lbh melek media sbg sarana penyampaian Injil. Namun Umat juga diharapkan jg tdk hanya sibuk komunikasi dgn sesama sampai lupa komunikasi dgn TUHAN. Kemajuan alat2 komunikasi jgn sampai membuat kita jadi orang yg makin individualis dan egois, dimana bergaul dgn TUHAN syukur2 kalo msh ingat, dan bergaul dgn sesama juga syukur2 kalo ada waktu. Dan sehari2 temannya hanya BlackBerry atau Handphone atau Laptop atau Komputer. Harus digunakan dgn tepat di saat yg tepat, demi kemuliaan TUHAN & kebaikan bersama. Berkah Dalem.

PENDAPAT UMAT Richardus Widisarjoko
Semua alat di muka bumi ini mempunyai dua dimensi seperti mata uang ada sisi depan dan sisi belakangnya. Nah yang dimaksud semua alat itu masing2 mempunyai fungsi utama yang pada umumnya fungsi untuk kebaikan, namun di sisi lainnya yang bukan fungsi utamanya ada sisi untuk kejahatan, contoh sederhana, gunting itu dibuat untunk menggunting, tetapi di sisi lain gunting juga bisa untuk membunuh. Nah sekarang pandai2lah menggunakan alat terutama sebagai fungsi utamanya, bukan sisi fungsi lain yang kadang2 melenceng jauh. Tak iye…..?, ya gak……?

PENCERAHAN DARI PASTOR Yohanes Samiran
….
Oleh karena itu, Paus mengajak kita menyadari bahwa dunia komunikasi modern, digital adalah dunia atau benua baru hidup kita. Itulah realitas kita, di mana kita bisa secara khas untuk berjumpa dan membangun komunikasi dengan orang lain.

Disadari bahwa dunia maya ini menawarkan alternatif yang menarik, sehingga banyak orang lalu lalang di dalamnya. Dampak penyalahgunaan alias dampak negatifnya amat besar; maka kita gereja, layak masuk dan ikut ambil bagian dalam inter-komunikasi itu agar nilai-nilai kristiani bisa ikut mewarnai atau memberi keseimbangan dalam warna benua baru itu.

Di samping itu, kita juga bisa menyukuri dunia dan media baru ini sebagai wahana untuk mewartakan kabar gembira (Injil = evangelisasi) kepada mereka yang mencari kebenaran tetapi belum mengenal Kristus sebagai “Jalan, Kebenaran, dan Hidup” dan Penyelamat dunia.
Kitalah yang “terutus” untuk menjadi pembawa warta itu, untuk memasuki pintu-pintu yang terbuka melalui jaringan yang terjadi pada kita, entah melalui internet, page, mailing list, fb, Tweeter, blog, dlsb.

Marilah kita “baptis” media kita agar menjadi sarana keselamatan bagi banyak orang ….. dan menghantarkan semakin banyak orang pada Kristus dan Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: