Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 417,843 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PENCERAHAN : BACALAH TOPIK DISKUSI DENGAN HATI DAN KEPALA DINGIN

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Para sahabat terkasih, menarik membaca comment2 dari teman2 mengenai sejarah Natal dan kelahiran Yesus. Kita ini orang Katholik=yang artinya umum, universal, bersifat terbuka. Itu berarti juga sebagai orang beriman, hidup… (iman) kita berani untuk terus dipertanyakan, dipersoalkan. Dengan cara itu kita masing2 bisa mengukur sendiri sejauh mana, sedalam apa pemahaman iman saya sebagai orang Katholik. Kalo menghadapi pertanyaan semacam itu saja kita sudah mulai gusar, panik, bingung, tak tahu jawabnya, tak tahu harus bagimana….itu suatu tanda bahwa kita masih membutuhkan banyak bantuan orang lain untuk mengembangkan iman kita. Dan dari situ kita masing2 bisa mengukur dengan jujur siapa saya dan sejauh mana saya sudah berkembang sebagai orang Katholik.

Bisa saja kita bersikap cuek dan masa bodoh dengan pertanyaan & pernyataan orang lain, dan mati2an memegang apa yang kita yakini selama ini…tapi lalu bukankah itu bisa mengarahkan kita pada penghayatan iman yang buta, seperti katak yang merasa nyaman tinggal dalam sumur dan merasa sudah tahu seluruh isi dunia, lalu enggan meloncat keluar sumur untuk melihat bahwa sebenarnya dunia itu lebih luas daripada sekedar di dalam sumur?

Seharusnya Page ini ditanggapi positif seperti yang sebelum2nya, bagaimana hal2 yang kelihatannya jarang kita perhatikan, jarang dipertanyakan, sekarang dimunculkan. Dan lihatlah bahwa selama ini banyak teman2- dengan segala keterbatasannya mencoba membantu; dan dari keterbatasan itu masing2 saling melengkapi dan memberi informasi yang sangat berguna bagi yang lain yang belum tahu. Bukankah itu suatu pembelajaran yang baik dan berguna, bukan untuk saling mengadili (maafkan saya kalo harus pake kata2 yang tidak baik ini)

Saya kira bukan tempatnya juga di Page ini untuk me-remove atau meng-add seseorang. Bukankah ini mimbar umum, bebas dan terbuka bagi siapa saja yang ingin tahu dan belajar bersama mengenai kekayaan iman Katholik. Dan belajar bersama berarti.., sekali lagi: Berani dipertanyakan dan mempertanyakan diri sendiri demi kemajuan dan kebaikan. Kadang tidak usah berkomentar pun, asal mengikuti dengan setia ,jawaban2 itu pada akhirnya kita temukan juga. Hanya perlu hati yang sabar, dan di situlah kita diuji sejauh mana bisa memberi tempat pada orang lain untuk saling membantu, sabar terhadap proses, sabar juga terhadap diri sendiri.Salam hormat dan kasih,

P. Christianus Hendrik SCJ – South Dakota mission – USA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: