Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 377,310 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PENCERAHAN MENGENAI MISA HARI SABTU

Posted by liturgiekaristi on March 10, 2011


Pertanyaan umat :

Slamat pagi.. Saya ada bbrapa prtanyaan:
1.Apakah dengan ikut Misa Sabtu brarti sudah melaksanakan Misa hari Minggu? Apa dasarnya?
2.Untuk minggu palma bsok,apakah blh dirayakan hari Sabtu nya?
3. mengapa di perintah ke-2 pada 5 perintah gereja,trdapat subkalimat yang berbunyi:”Rayakanlah perayaan ekaristi pada hari Minggu…”?
4. ada perintah yang ke-2 dimana 5 perintah Gereja itu bukan disuruh memilih bbrapa di antara 5 itu.
Tapi wajib untuk dilaksanakan semua.
Bagaimana itu? Bagaimana dgn printah yang ke-2??
Kalau kita hanya merayakan hari Sabtu berarti tidak mlaksanakan printah yang ke-2 donk??
Karena di situ ditulis hari Minggu bukan hari yang secara liturgis sama dengan Minggu..
Mohon penjelasannya.

PENCERAHAN DARI BP. VINCENT PAMUNGKAS :

Kewajiban misa minggu terpenuhi dengan mengikuti misa apapun dari Sabtu sore sampai Minggu malam. Misa Sabtu pagi tidak memenuhi, karena itu adalah misa harian. Aturan dari sore ke sore sebagai tanda bergantinya hari secara religius adalah menurut kebiasaan Yahudi. Pagi dini hari ke pagi dini hari adalah menurut Kristiani. Keduanya diperbolehkan. Misa minggu palma juga bisa terpenuhi Sabtu sorenya.
Hanya Misa Paskah Sabtu dan Minggu yang berbeda, keduanya mesti diikuti.

Perintah gereja yang ke-1: “Ikutilah Misa pada hari Minggu dan hari2 wajib lainnya.”
Jadi orang katolik memiliki kewajiban untuk mengikuti misa minggu atau sabtu sore (secara liturgis misa minggu). Juga hari wajib seperti hari Paskah, Natal, kenaikan Tuhan.

Menurut KHK (Kitab Hukum Kanonik) 1983, Uskup boleh menentukan mulai jam berapa misa Sabtu dianggap misa Minggu. Umumnya keuskupan menentukan di atas jam 4 hari Sabtu. Jadi jangan takut, misa Sabtu sore terhitung sama dengan misa Minggu, jadi datang hari Sabtu sore memenuhi perintah gereja ke-2. Maksud hari Minggu di sini bukan secara harafiah hari minggu di kelender, tapi secara liturgis, yaitu sabtu sore ke minggu malam, aturan yang sudah ditentukan gereja universal.

Sebelum KHK 1983 ini, misa Minggu katolik memang hanya pada hari minggu. Ada sebagian orang tua yang lebih sreg kalau mereka datang hari minggu saja. Mudah2an anda tidak jadi bingung, karena sekarang sudah diperbolehkan. Sejarahnya memang misa Sabtu ini adalah dispensasi bagi mereka yang akan berhalangan untuk misa minggu, misal dokter dll.

Untuk sekedar informasi, memang ada 2 versi ‘5 perintah gereja’. Ada sumber (versi katekismus Prancis) yg memisahkan aturan hari minggu dan hari wajib jadi dua aturan, tapi nomer 1 dan 2 ini sebetulnya sama. Daftar asli yg ditulis St Robertus Bellarminus:… See More
1. Ikuti Misa pada hari Minggu dan hari2 wajib lainnya.
2. Berpuasa dan berpantang pada hari yg ditentukan.
3. Mengaku dosa minimal setahun sekali.
4. Menerima komuni dalam masa Paskah.
5. Bantulah pastor anda, secara keuangan & non keuangan.
(6 – sekarang sering tidak dimasukkan. Jangan menikah pada hari2 yang dilarang, dan jangan menikah dengan kerabat tiga tingkat di sekitar kita misal kakek-kita, kita-cucu, paman-ponakan)
Tentang perintah gereja bisa lihat di http://www.newadvent.org/cathen/04154a.htm

PENCERAHAN DARI PASTOR ZEPTO :

Ttg MISA SABTU SORE/MALAM.
Beberapa pencerahan.

Pertama. Secara liturgis, perayaan besar diawali sejak petang sebelumnya, persis SEJAK/SESUDAH TERBENAM-nya matahari.

Kedua. Tradisi doa ini rupanya mengadaptasi TRADISI doa para rahib PADANG PASIR yg lazim menggunakan penanggalan berdasarkan bulan (LUNAR system). Sedangkan Gereja dan umumnya orang dewasa ini menggunakan penanggalan masehi yg disusun berdasarkan ‘pergerakan’ matahari (solar system).

Ketiga. Dalam tradisi doa Gereja ada serangkaian doa yg disebut IBADAT HARIAN (sering juga disebut Doa Brevir) yg berlangsung 5x sehari: subuh, pagi, siang, sore, malam. Ini biasanya (bahkan, wajib!) didoakan oleh para imam dan biarawan/wati.
Dalam ibadat itu, pada setiap SORE MENJELANG hari Minggu/Raya terdapat ibadat khusus dlm rangka perayaan tsb.

Keempat. Dalam liturgi kita mengenal apa yg disebut MISA VIGILI natal, paska, pentekosta, dst. Asal usul dan penjelasannya ada dlm rangkaian keterangan pd poin pertama dan kedua di atas.

Kelima. Demikian juga dgn PERAYAAN EKARISTI pada SABTU SORE yg diperhitungkan sbg misa Hari Minggu. Sejalan dgn itu, Misa Minggu Palma boleh dibuat pd Sabtu sore (FPPC 29).

Keenam. Ketentuan Gereja kemudian meneguhkannya: KGK 2180; KHK Kan 1247-1248 §1.

Apa kata Kitab Hukum Kanonik?
Kan 1247: “Pada hari Minggu dan pada hari raya wajib lain, umat beriman berkewajiban untk ambil bagian dalam misa ….”
Kan 1248 §1: “Perintah untk ambil bagian dalam Misa dipenuhi oleh org yg menghadiri misa di manapun misa itu dirayakan menurut ritus katolik, entah pada hari raya itu atau pd sore hari sebelumnya.”

Ketujuh. Namun, org perlu berhati2. TIDAK SEMUA MISA pd sabtu sore dapat diperhitungkan sbg misa minggu. Tergantung MAKSUD PERAYAAN. Kalau Perayaan Ekaristi dibuat pd sabtu sore di rumah keluarga dgn maksud untuk mendoakan arwah yg meninggal 100 hari, tentu tak dimaksudkan sbg Misa Hari Minggu, maka org2 yg mengikuti misa arwah tsb tetap terikat kewajiban ikut Misa Minggu pd besok harinya.

Smga bermanfaat. Salam, Zepto-Triffon.

Pertanyaan umat :
mau menanyakan poin pertama romo,
jika secara liturgis, perayaan besar diawali sejak petang sebelumnya, persis SEJAK/SESUDAH TERBENAM-nya matahari, kapan waktunya hari liturgis itu berakhir? karena jika menggunakan logika 1 hari=24 jam, maka mestinya tidak ada misa minggu sore karena sudah lewat 24 jam sejak dimulainya hari liturgi tersebut. mohon pencerahannya.

PENCERAHAN DARI BP. DANIEL PANE (YANG DIAMINKAN OLEH PASTOR ZEPTO PR):

Dari jawaban Romo sudah jelas rasanya. Perayaan dimulai pada sore hari sebelumnya dan berakhir pada sore hari sesudahnya. Hari Minggu dimulai sejak “malam minggu” (saturday night) dan berakhir pada “minggu malam”. Jadi Misa Minggu sore itu mestinya masih ada karena ia menutup hari perayaan (berada di ujungnya).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: