Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 375,935 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

MENGENAI NYANYIAN ORDINARIUM

Posted by liturgiekaristi on March 11, 2011


Pertanyaan dari seorang member:

Kita ketahui ada beberapa jenis/macam Misa Ordinarium yg biasa dipakai dalam perayaan Ekaristi, akan tetapi ada berapa macamkah Misa Ordinarium (Latin maupun Lokal) yg dipakai oleh Gereja Katolik..??

Jawaban dari awam yang berkecimpung di dunia liturgi pada lembaga gereja.

“Ini pertanyaan yang kurang tepat, kurang paham liturgi.

Tidak ada “misa ordinarium”!

Istilah “nyanyian ordinarium”, DULU dipakai untuk membedakan “nyanyian

proprium”. Tetapi SEKARANG (Sejak Konsili Vatikan II, 1965) tidak dibedakan

lagi “ordinarium” dan “proprium” dalam Perayaan Ekaristi.

Istilah “ordinarium” menunjuk pada BAGIAN Perayaan Ekaristi yang selalu sama atau tetap; sedangkan “proprium” menunjuk pada BAGIAN yang khusus, tematis, dan selalu berubah.

Yang termasuk kelompok “ordinarium” itu adalah: KYRIE, GLORIA, CREDO (Aku Percaya/Syahadat), SANCTUS, PATER NOSTER (Bapa Kami), dan AGNUS DEI.

Sedangkan nyanyian-nyanyian, seperti: LAGU PEMBUKA, PERSIAPAN PERSEMBAHAN, KOMUNI, PENUTUP, dll itu DULUNYA disebut sebagai “proprium”.

Makanya, SYAIR dalam lagu-lagu Kyrie, Gloria, dst (ordinarium) itu SAMA,

TIDAK BOLEH DIGANTI/DIUBAH, misalnya hanya karena untuk menyesuaikan dengan melodi lagu, dlsb. Sedangkan, teks syair lagu pembuka, persiapan persembahan, komuni, penutup bebas untuk dikarang.

Jadi, pertanyaan: “ada berapa macamkah Misa Ordinarium (Latin maupun Lokal) yg dipakai oleh Gereja Katolik..??” TIDAK TEPAT. ”

PENCERAHAN DARI PASTOR Yohanes Samiran

Sebenarnya yang perlu diwaspadai adalah gejala hanyut dalam selera dan mood pribadi. Kedua, mengutamakan unsur non liturgis, misalnya iringan, syair. atau lagu – hanya berdasarkan rasa senang (sendiri) sementara suasana umum liturgi, khususnya ekaristi seringkali lalu diabaikan. Misalnya suasana khidmat, suasana sakral – khususnya bagian liturgi ekaristi.

Maka alat pendukung liturgi, penyanyi dan nyanyian – karena memang posisinya sebagai “pendukung liturgi” maka ya harus mengabdi dan demi mendukung suasan utama liturgi. Jadi jangan sampai dibalik, liturgi dilkorbankan demi lagu, demi yang disebut inkulturasi.

Jadi inkulturasi – YES, tetapi tetap dipertimbangkan masak-masak agar itu menambah keagungan dan kesakralan liturgi ekaristi.

Di luar ekaristi, misalnya dalam acara rekoleksi, doa lingkungan, atau sarasehan rohani – silahkan saja, patokan menjadi jauh lebih longgar, asal hati-hati saja agar tidak menyamakan semua hal rohani dengan liturgi utama, khususnya ekaristi kudus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: