Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 375,935 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PUMR 78 : DALAM KAITANNYA DENGAN DOA SYUKUR AGUNG

Posted by liturgiekaristi on March 15, 2011


“Pusat dan puncak seluruh perayaan sekarang dimulai, yakni Doa Syukur Agung, suatu doa syukur dan pengudusan. Imam mengajak jemaat untuk mengarahkan hati kepada Tuhan dengan berdoa dan bersyukur. Dengan demikian seluruh umat yang hadir diikutsertakan dalam doa ini. Ini disampaikan oleh imam atas nama umat kepada Allah Bapa, dalam Roh Kudus, dengan pengantaraan Yesus Kristus. ” (PUMR 78)

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Selengkapnya PUMR 78: 

“Pusat dan puncak seluruh perayaan sekarang dimulai, yakni Doa Syukur Agung, suatu doa syukur dan pengudusan. Imam mengajak jemaat untuk mengarahkan hati kepada Tuhan dengan berdoa dan bersyukur. Dengan demikian seluruh… umat yang hadir diikutsertakan dalam doa ini. Ini disampaikan oleh imam atas nama umat kepada Allah Bapa, dalam Roh Kudus, dengan pengantaraan Yesus Kristus. Adapun maksud doa ini ialah agar seluruh umat beriman menggabungkan diri dengan Kristus dalam memuji karya Allah yang agung dan dalam mempersembahkan kurban. ”

=================

PUMR 30:

“Di antara doa-doa yang dibawakan oleh imam, Doa Syukur Agung menduduki tempat utama. Doa itu merupakan puncak seluruh ibadat. Di samping itu, ada doa pembuka, doa persiapan persembahan, dan doa komuni. Doa-doa itu disampaikan oleh imam kepada Allah atas nama seluruh umat kudus dan semua yang hadir, dan melalui dia Kristus sendiri memimpin himpunan umat. Oleh karena itu, doa-doa tersebut disebut “doa presidensial“ (doa pemimpin). ”

==================

PUMR 147:

“Kemudian imam membuka Doa Syukur Agung. Sesuai petunjuk rubrik, imam memilih salah satu Doa Syukur Agung yang terdapat dalam Misale Romawi, atau yang disahkan oleh Takhta Suci. Sedari hakikatnya, Doa Syukur Agung dibawakan hanya oleh imam, berkat kuasa tahbisan yang ia terima. Umat memadukan diri dengan imam lewat iman dan doa batin, serta lewat bagian-bagian Doa Syukur Agung yang ditentukan bagi mereka. Bagian-bagian ini meliputi jawaban-jawaban dalam dialog pembuka prefasi, Kudus, aklamasi anamnesis, Aklamasi Amin meriah pada akhir doksologi penutup, juga lewat aklamasi-aklamasi lain yang disahkan oleh Konferensi Uskup dan diketahui oleh Takhta Suci.

Sangatlah tepat kalau imam melagukan bagian-bagian Doa Syukur Agung yang dilengkapi dengan lagu. ”

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Doa Syukur Agung merupakan puncak dan pusat seluruh perayaan Ekaristi. Dalam DSA Gereja mempersembahkan pujian syukur kepada Allah Bapa, karena Ia menciptakan jagat raya, tetapi teristimewa karena Ia menyelamatkan umat dengan perantaraan Kr…istus. 

Mulai dari prefasi sampai dengan doksologi penutup, imamlah yang memimpin dan membawakan doa pujian dan syukur atas nama jemaat. Umat mengambil bagian dalam doa ini lewat dialog dengan imam pada saat prefasi, lewat aklamasi, terlebih lewat tindakan mempersatukan kurban pujian pribadi dengan kurban pujian yang sedang dipersembahkan oleh Gereja yang dipimpin oleh Kristus sendiri.

Dalam perjalanan sejarah liturgi, ada aneka nama yang diberikan kepada Doa Syukur Agung, antara lain : doa ekaristi (=doa syukur), kanon, anaphora (=persembahan).

PERTANYAAN DARI PASTOR Zepto-Triffon Triff

Dear admin:
Tentang DOA SYUKUR AGUNG:
1) Apakah PREFASI dan ANAMNESE yang dinyanyikan baik bagian imam maupun bagian umat boleh diiringi dengan organ, BILA organis mau?
2) Apakah ISI dari teks DOA SYUKUR AGUNG boleh ditambahkan seenaknya oleh imam selebran/konselebran?
3) Apakah imam boleh seenaknya mengijinkan umat mendoakan bersama-sama bagian-bagian tertentu dari teks DSA?
Sekiranya ‘BOLEH’ kira-kira apa dasarnya ya? Wassalam…

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Dear Romo Zepto: 

1. Menurut Romo Antonius Soetanta SJ, pakar musik liturgi, organis tidak boleh mengiringi imam yang bernyanyi saat prefasi atau ajakan-ajakan lain, namun boleh mengiringi umat.

Tidak boleh mengiringi imam yang bernyanyi karen…a suara imam selaku pemimpin harus terdengar jelas ucapannya. Maka musik instrumental juga tidak boleh dimainkan ketika imam mendaraskan doa-doa.

Sedangkan organ boleh mengiringi umat ketika prefasi, anamnese, dan ajakan lainnya, mengingat peran organ untuk membantu umat dalam hal nyanyian.

Untuk referensi menyusul 😀

2. Sepanjang yang saya tahu, imam memiliki wewenang untuk memlih ritus atau teks yang tersedia, namun tidak boleh menambah atau mengurangi bagian tertentu dari misa. Penambahan atau pengurangan, kalaupun ada, hanya sebatas yang diijinkan dalam rubrik di Buku Misa.

3. Menurut PUMR 30, Doa Syukur Agung adalah doa presidensial yang dibawakan oleh imam selebran atas nama seluruh umat berkat tahbisan suci yang ia terima. Jadi memang hanya imam yang membacakan Doa Syukur Agung.

Peran serta umat, sejauh yang saya tahu hanya diijinkan untuk misa bersama anak, seperti yg tersedia dalam TPE kita sebagai Doa Syukur Agung X. Namun walaupun disediakan untuk misa bersama anak, kadang-kadang imam, bahkan uskup, memakai DSA X ini untuk misa umum.

-OL-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: