Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 417,448 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PUMR 79E : DALAM KAITANNYA DENGAN ANAMNESE DALAM DOA SYUKUR AGUNG

Posted by liturgiekaristi on March 15, 2011


Post 15 Maret 2011

“Anamnesis. Dalam bagian ini Gereja memenuhi amanat Kristus Tuhan yang disampaikan melalui para rasul,”lakukanlah ini untuk mengenangkan Daku!” Maka Gereja mengenangkan Kristus, terutama sengsara-Nya yang menyelamatkan, kebangkitan-Nya yang mulia, dan kenaikan-Nya ke surga.” (PUMR 79e)

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Sesudah kisah institusi, diakon atau (kalau tidak ada diakon) imam mengajak umat memaklumkan misteri iman dengan berkata: “Marilah kita mewartakan misteri iman”. Ajakan itu ditanggapi umat dengan melagukan/menyerukan aklamasi anamnesis. 

Aklamasi “misteri iman” merupakan seruan yang amat tua sebagai sisipan dalam banyak DSA.

Sekarang “misteri iman” tidak lagi menjadi bagian dari kisah institusi, tetapi dipindahkan tempatnya, yaitu sesudah kisah institusi. Umat mengakui misteri Paskah Kristus atau misteri penyelamatan yang mencapai puncaknya dalam hidup dan karya Yesus Kristus, khususnya derita, kematian, kebangkitan dan kedatangan-Nya kembali.

Inti dari aklamasi anamnesis adalah pengakuan bahwa Yesus telah wafat, Yesus telah bangkit, Yesus akan kembali; tiga hal yang biasanya juga dirangkum dalam ungkapan misteri Paskah.

PENCERAHAN DARI PASTO Zepto-Triffon Triff

Beberapa poin pencerahan tentang ANAMNESIS dalam DSA. 

1) Bahasa Yunani ‘anamnese’ berarti ‘PENGENANGAN’. (B.Latin: ‘memoria’; B.Ibrani: ‘zikkaron’).
Adapun, secara historis, ‘pengenangan’ dalam liturgi ini memiliki asal-usulnya dalam tradisi  liturgi Agama/Budaya Yahudi. Upacara2 liturgis keyahudian sangat ditandai dengan pengenangan2 akan karya Agung Allah pada masa lampau.

2) PENGENANGAN dalam DSA bukanlah sekedar usaha mengingat-ingat secara subektif dan rasional, melainkan PENGHADIRAN SELURUH RANGKAIAN KARYA KESELAMATAN ALLAH SECARA OBYEKTIF DAN NYATA.
3) Dalam paham POPULER-PROFAN, pengenangan selalu berdimensi masa lampau dan masa kini. Bandingkan dengan anamnese riwayat penyakit dan segala indikasinya yang selalu di-‘gali’ oleh perawat/dokter setiap kali pemeriksaan kesehatan.
4) Dalam LITURGI, pengenangan berdimensi tiga: karya keselamatan Allah yang TELAH berlangsung sejak masa lampau dan yg AKAN mencapai kepenuhannya pada masa yang akan datang (=akhir zaman), kini SEDANG dihadirkan secara obyektif dan nyata dalam upacara liturgis ini. Oleh karena itu, teks anamnesis selalu ditandai dengan tiga dimensi waktu tsb: LAMPAU, KINI, DEPAN.

5) PUMR 151: ”Sesudah konsekrasi, setelah IMAM BERKATA ‘Agunglah misteri iman kita’, umat melagukan atau melambungkan salah satu aklamasi anamnesis yang dipilih dari rumus-rumus yang tersedia. ….”

6) Pada keterangan admin di atas terdapat istilah ‘KATA-KATA INSTITUSI’. Bagi yang baru dengar istilah ini, istilah teknis tersebut menunjuk pada kata-kata imam: ”Terimalah dan makanlah, inilah TUBUHKU yang …. dst” dan ”Terimalah dan minumlah, inilah PIALA DARAHKU, …. dst”.
7) Anamnesis bukan sekedar bagian dari tata liturgis DSA, melainkan sungguh merupakan ungkapan IMAN GEREJA dari masa ke masa, yang secara liturgis dirayakan secara simbolis.

Semoga bermanfaat.
Salam, Zepto, Sorong.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: