Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 430,881 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PUMR 65 : KAITANNYA DENGAN HOMILI

Posted by liturgiekaristi on March 16, 2011


‎”Homili merupakan bagian liturgi dan sangat dianjurkan, Sebab homili itu penting untuk memupuk semangat hidup kristen. Homili itu haruslah merupakan penjelasan tentang bacaan dari Alkitab, ataupun penjelasan tentang teks lain yang diambil dari ordinarium atau proprium Misa hari itu, yang bertalian dengan misteri yang dirayakan, atau yang bersangkutan dengan keperluan khusus umat yang hadir.” (PUMR 65)

12,871 Impressions Raw number of times this story has been seen on your Wall and in the News Feed of your Fans

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

PUMR 66 : 

“Pada umumnya yang memberikan homili ialah imam pemimpin perayaan. Ia dapat menyerahkan tugas ini kepada salah seorang imam konselebran, atau kadang-kadang, tergantung situasi, kepada diakon, tetapi tidak pernah kepada seorang awam….
Dalam kesempatan-kesempatan tertentu atau karena alasan khusus, tugas homili bahkan dapat diberikan kepada seorang uskup atau imam yang hadir dalam perayaan Ekaristi teteapi tidak ikut berkonselebrasi.

Pada hari Minggu dan pesta-pesta wajib homili harus diadakan dalam semua Misa yang dihadiri oleh umat, dan hanya boleh ditiadakan kalau ada alasan berat. Sangat dianjurkan, supaya homili juga diberikan pada hari-hari lain, terutama pada hari-hari biasa dalam Masa Adven, Prapaskah, dan Paskah. Begitu pula pada pesta dan kesempatan-kesempatan lainnya yang dirayakan dengan dihadiri oleh banyak umat.

Sangat tepat kalau sesudah homili diadakan saat hening sejenak.”

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Homili bukanlah saat selingan, tetapi benar-benar bagian ibadat seperti bagian-bagian yang lain. Homili adalah bagian liturgi dan sangat dianjurkan, sebab homili itu penting untuk memupuk semangat hidup kristen. Homili pada dasarnya adalah penjelasan tentang bacaan dari alkitab, atau pun penjelasan tentang teks lain yang diambil dari perayaan Ekaristi hari yang bersangkutan, yang bertalian dengan misteri yang dirayakan, atau yang bersangkutan dengan keperluan khusus umat yang hadir. Dari pihak jemaat dituntut perhatian, sedangkan dari pihak pengkhotbah dituntut kerja keras dalam mempersiapkan dan menyampaikan homili. 

Salah kaprah – Apakah homili harus diawali dan ditutup dengan tanda salib? Pada awal tahun 70-an hal ini pernah dipertanyakan kepada Kongregasi Ibadat. Jawabnya, “…(tanda salib pada awal homili) ini berasal dari kebiasaan khotbah di luar misa; seyogyanya tidak dilestarikan. Homili adalah bagian utuh dari liturgi; umat sudah membuat tanda salib pada awal perayaan Ekaristi. Maka, lebih baik tidak mengulanginya sebelum dan sesudah homili.

Sekali lagi, ketika pengkhotbah duduk kembali, ada saat hening dan tenang sejenak untuk renungan.

PERTANYAAN Maximillian Reinhart ‎—

Apa perbedaan yg mencolok antara Homili dgn Khotbah?
Dan berapa lama sebaiknya itu dilakukan oleh imam pemimpin PE, dgn Khotbah; pada pertanyaan yg sama, terima kasih.

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

‎@Maximillian Reinhart: Sejauh yang saya tahu, homili atau khotbah sama artinya. Hanya dalam penggunaan katanya, ada yang memakai istilah homili untuk misa dan khotbah untuk di luar misa. 

Tentang durasi, posisi, dan norma-norma menyampaikan… homili adalah wewenang Uskup diosesan.

PENCERAHAN DARI PASTOR Zepto-Triffon Triff

Secara sederhana, HOMILI berisi ajaran resmi Gereja bersumber pd Kitab Suci, Tradisi dan Magisterium. Itulah sebabnya maka homili hanya boleh dibawakan oleh pejabat resmi Gereja (diakon, imam, uskup). Konteks homili adalah pertemuan dan ibadah resmi gerejani.
Sedangkan KOTBAH berisi pesan-pesan dan nilai2 Firman Allah, sejauh digali dari KS. Konteks kotbah, tidak selalu dan tidak harus dalam ibadah resmi. Juga, tidak mesti oleh orang tertahbis. Contoh: evangelis.
Semoga ini bisa membantu.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: