Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,236 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

MALAM VIGILI PASKAH – RITUS UPACARA

Posted by liturgiekaristi on April 7, 2011


Pertanyaan umat :

“sejauh yang saya tahu, dari Buku Liturgi Malam Paskah, Lilin Paskah hanya dicelupkan pada saat pemberkatan air Baptis,….pada saat pemberkatan air suci, tidak dikatakan lilin Paskah dicelupkan…. ini jg membingungkan banyak imam sehinggA …prakteknya berbeda-beda…. ada yang mencelupkan lilin Paskah pada kedua bejana, ada yang hanya pada air baptis… pada air suci ditambahkan ritus pemberkatan garam lalu garam itulah yg dtaburkan pada pemberkatan air suci…. meskipun tidak terdapat rubrik pemberkatan garam pd malam Paskah…. mohon admin memberikan penjelasan yang sebenarnya….thanks….”

 

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Perayaan Malam Paskah terdiri dari 4 bagian besar :

1. Liturgi cahaya: Pemberkatan api baru, pemberkatan Lilin Paskah, perarakan masuk ke gereja dan pujian paskah (exultet)
2. Liturgi Sabda
3. Liturgi babtis : Litani orang kudus, pemberkatan a…ir babtis – upacara pembabtisan, (pemberkatan air suci) pepbaharuan janji babtis
4. Liturgi Ekaristi.

Yang ditanyakan itu di bagian liturgi babtis, yang diawali dengan litani orang kudus lalu menyusul pemberkatan air babtis. Rumusan doa pemberkatan ini merupakan rumusan doa sejak abad pertama (jadi rumus kuno alias jadul… hehehe) dan gereja mempertahankan rumusan doa ini memberi simbolisasi yang sangan bermakan. Rumusan doa yang mengisahkan karya penciptaan dan penyelamatan Allah terutama yang disimbolkan oleh air, yang nantinya akan kita gunakan untuk menyatakan rahmat pembabtisan. Di sini saya kutip bagian akhir dari doa :

“Kami mohon ya Tuhan, restuilah GerejaMu dan bukalah sumber air babtis baginya. Semoga air ini dihidupi oleh Roh Kudus dengan rahmat PuetraMu. Semoga karena sakramen babtis, manusia yang Kau ciptakan menurut citraMu, Kau sucikan dari kecemaran dosa. Semoga manusia lahir kembali dari air dan Roh Kudus dan menjadi putra-putriMu. (lilin paskah dicelupkan ke dalam air babtis) Kami mohon ya Tuhan, semoga dengan perantaraan PuetraMu, kekuatan Roh Kudus turun ke dalam bejana babtis ini. (sambil memegang lilin paskah dalam air) Semoga semua orang, yang dalam air babtis dikuburkan bersama Kristus yang wafat, diperkenankan pula hidup bersama Kristus yang bangkit…”
Ketika lilin paskah diangkat, umat menyerukan : “Pujilah Tuhan hai sumber-sumber air, megahkan dan luhurkan Dia selama-lamanya”.

Dari rumusan doa tersebut sudah memberi makna yang jelas dari simbolisasi lilin paskah dicelupkan ke dalam air babtis.

Namun kalau tidak ada pembabtisan dan pemberkatan air babtis, rumusan doa yang dipakai adalah pemberkatan air suci yang nanti digunakan untuk pembaharuan janji babtis dan perecikan air kepada umat.

Pada umumnya di Gereja² paroki terjadi pemberkatan air babtis karena selalu ada pembabtisan di Malam Paskah, kalaupun tidak ada babtis pada malam paskah, air babtis tetap diberkati untuk dipakai di waktu² mendatang… ketika babtis bayi di masa paskah atau masa biasa.

Kalau di gereja/kapel komunitas biarawan/i atau kapel komunitas lainnya (stasi?), umumnya dipakai rumusan pemberkatan air suci… karena memang tidak ada yang dibabtis di sana. Perlu diketahui bahwa babtis harus terjadi bersama dan ditengah umat beriman, yang dalam hal ini di paroki (juga stasi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: