Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,236 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

Mengapa orang Katolik merayakan “Sabath” pada hari minggu??

Posted by liturgiekaristi on July 10, 2012


Mengapa orang Katolik merayakan “Sabath” pada hari minggu??

Pada awalnya orang2 Kristen Perdana adalah orang2 Yahudi yang merayakan tradisi Sabath pada hari jumat malam dan kemudian merayakan “Ekaristi” (dulu masih sangat sederhana-jangan dibayangkan Ekaristi sudah seperti sekarang) untuk menghormati Kebangkitan Yesus Kristus (lih. Kis 20:7). Akhirnya mereka di “ekskomunikasi”(disingkirkan, dibuang, dianggap sesat) dari aliran Yudaisme yang berpegang kuat pada tradisi Yahudi dan diusir dari sinagoga dan tempat berkumpulnya orang2 Yahudi.

Tidak lagi diijinkan menjalankan praktek iman keyahudian mereka, orang2 Yahudi yang mulai percaya penuh kepada Kebangkitan Kristus ini mulai berkumpul sendiri dan memindahkan perayaan “Sabath” mereka pada hari minggu. Demikianlah perlahan2 orang2 Kristen Perdana mengubah tatalaksana Sabath ke dalam Liturgi Ekaristi atau Misa Kudus yang berpusat pada wafat dan kebangkitan Kristus; di mana segala sesuatunya, seluruh tatanan tradisi dan budaya mereka pelan2 mendapat warna lebih Kristiani dalam terang Kristus.

Demikianlah tradisi Ekaristi yang berawal dari perayaan Sabath itu terus berkembang sampai sekarang menjadi Perayaan Ekaristi yang dilaksanakan pada “Hari Tuhan”(Domingo=minggu).

NB:
Harus hati2 memahami kata “Sabath” di sini supaya tidak dipahami secara keliru bahwa kita tetap merayakan Sabath sampai sekarang. Dalam arti kiasan bolehlah dikatakan kita melanjutkan ‘Sabath baru’ dalam iman akan Yesus Kristus; tapi bukan dalam arti “Sabath” sejauh dipahami dalam Yudaisme yang menitik beratkan pada aturan harus beristirahat untuk menghormati karya Allah dalam penciptaan. Ekaristi yang kita rayakan adalah perayaan “Sabath” baru dalam manusia “Adam yang baru” yakni Yesus Kristus yang telah bangkit dari alam maut dan menjadi Ciptaan baru dalam iman dan cintakasih.
Di sini hanya mau dikatakan bagaimana sejarahnya perayaan liturgi pada hari minggu itu berasal.

Salam hangat,

P.Christianus Hendrik SCJ, South Dakota Mission, USA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: