Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,236 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

SEPUTAR MISA PENERIMAAN SAKRAMEN KRISMA

Posted by liturgiekaristi on March 9, 2013


PERTANYAAN UMAT :

Selamat malam teman” semua. Mohon pencerahan ya.
1. Misa penerimaan sakramen Krisma; bacaan misa ikut bacaan hari minggu atau boleh tdk mengikuti bacaan hari minggu? Misanya di hari minggu.

2. Mana yg wajib dinyanyikan imam: prefasi atau doksologi ?

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Berikut saya kutipkan dari Missale Romanum tentang Misa Ritual (termasuk Misa Pemberian Sakramen Krisma):

“Misa Ritual dilarang dirayakan pada hari-hari Minggu Adven, Prapaskah, dan Paskah, pada hari-hari raya, pada hari-hari dalam oktaf Paskah, pada Peringatan Arwah Semua Orang Beriman, dan pada hari Rabu Abu serta hari-hari biasa dalam Pekan Suci, dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang disediakan dalam buku-buku ritual atau dalam misa-misa yang bersangkutan.”

“Rumus Misa (Pemberian Sakramen Krisma) ini digunakan waktu pemberian Sakramen Krisma, dengan pakaian misa yang berwarna merah atau putih atau warna pesta, pada hari-hari manakala Misa Ritual diperbolehkan. Madah Kemuliaan didoakan, Syahadat ditiadakan.”

Dengan asumsi Pemberian Sakramen Krisma dilaksanakan dalam Misa, pada hari-hari yang diperbolehkan, maka doa-doa presidensial dan bacaan-bacaan Misa dapat mengikuti yang disarankan untuk Misa Pemberian Sakramen Krisma, dengan demikian tidak mengikuti bacaan di hari Minggu yang bersangkutan. (Contoh: Yes 11:1-4a; Kis 1:3-8; Mat 5:1-12a)

Untuk pertanyaan kedua, jawabnya tidak ada yang wajib dinyanyikan. Bicara soal menyanyikan Misa, sebenarnya seluruh bagian Misa bisa dinyanyikan, dari tanda salib di awal Misa sampai syukur kepada Allah di akhir Misa. Semua ada notasinya, bahkan di TPE Imam Bahasa Indonesia.

PERTANYAAN :

Andreas Adiana. Terima kasih pencerahannya. Hal spesifik yg saya baca: Madah Kemuliaan didoakan: berarti tidak dinyanyikan ?
Syahadat ditiadakan: berarti khusus Misa Ritual seperti Misa Pemberian Sakramen Krisma memang tidak ada Syahadat ?
mohon maaf kl masih tanya, soalnya ini kan termasuk misa spesifik yg tidak rutin dilaksanakan/dirayakan.

SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA

Dalam Bahasa Latin aslinya ditulis “Dicitur Gloria in excélsis”, artinya memang diucapkan atau didoakan, tetapi bukan berarti tidak (boleh) dinyanyikan. Dalam Misa Ritual untuk Pemberian Sakramen Krisma, sungguh baik kalau madah Kemuliaan dinyanyikan. Berikut ini adalah kutipan dari PUMR tentang madah Kemuliaan:

“Kemuliaan adalah madah yang sangat dihormati dari zaman kristen kuno. Lewat madah ini Gereja yang berkumpul atas dorongan Roh Kudus memuji Allah Bapa dan Anakdomba Allah, serta memohon belaskasihan-Nya. Teks madah ini tidak boleh diganti dengan teks lain. Kemuliaan dibuka oleh imam atau, lebih cocok, oleh solis atau oleh kor, kemudian dilanjutkan oleh seluruh umat bersama-sama, atau oleh umat dan paduan suara bersahut-sahutan, atau hanya oleh kor. Kalau tidak dilagukan, madah Kemuliaan dilafalkan oleh seluruh umat bersama-sama atau oleh dua kelompok umat secara bersahut-sahutan.
Kemuliaan dilagukan atau diucapkan pada hari-hari raya dan pesta, pada perayaan-perayaan meriah, dan pada hari Minggu di luar Masa Adven dan Prapaskah.” (PUMR 53)

Syahadat ditiadakan, karena sudah ada Pembaharuan Janji Baptis, yang pada intinya sama dengan Syahadat Para Rasul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: