Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,236 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

Mengapa dalam menghadiri dan merayakan Ekaristi, dibutuhkan persiapan dari pihak kita?

Posted by liturgiekaristi on September 16, 2013


BERTUMBUH DALAM IMAN:

Mengapa dalam menghadiri dan merayakan Ekaristi, dibutuhkan persiapan dari pihak kita?

“Bukankah berdoa itu adalah urusan pribadi manusia dengan Tuhannya? Bukankah dalam perayaan ekaristi saya harus berdoa secara pribadi? Jadi mengapa perayaan Ekaristi membutuhkan banyak persiapan???” Begitulah seringkali muncul pertanyaan dari umat tentang persiapan untuk ikut serta dalam perayaan Ekaristi.

Benar bahwa dalam perayaan Ekaristi kita membutuhkan waktu untuk memanjatkan doa2 pribadi kita. Tetapi jangan lupa juga, bahwa EKARISTI(Puji Syukur) adalah PUNCAK hidup beriman Kristiani. Dan berbicara tentang iman, iman kita tidak hanya menyangkut iman personal, tetapi juga iman komunal-Iman Gereja.

–Saya kira ini merupakan salah satu kekhasan dan keunikan iman Katolik. Tidak seperti umumnya agama2 lain yang hanya menekankan keselamatan personal di mana iman pribadi adalah yang utama untuk memperoleh keselamatan; Iman Katolik mengandaikan juga keselamatan komunal – bahwa kita diselamatkan bersama yang lain sebagai anak-anak Allah. Konsekuensinya, kita juga ikut bertanggungjawab menyelamatkan dunia atas nama gereja. Artinya kita ikut serta aktif dalam upaya menyelamatkan dunia. –Pada bagian inilah seringkali gereja menjadi hal yang “ditakuti” dunia, dan banyak yang berusaha ‘menyingkirkan’ gereja dari dunia karena peran keterlibatannya dalam ikut menyelamatkan tata dunia—(intermezo)

Ekaristi sebagai suatu “perayaan” adalah perayaan bersama Gereja, atas nama Gereja, dan di dalam Gereja (dalam kehidupan sehari2, kata “perayaan” selalu menyangkut kebersamaan, tidak pernah sendirian). Demikianlah dalam perayaan Ekaristi, bahkan doa2 pribadi kita harus diikut sertakan, disatukan, dan dipersembahkan untuk, atas nama, dan di dalam nama Gereja kudus.

Oleh karena Ekaristi merupakan perayaan bersama yang lain, menyangkut orang banyak; maka mutlak diperlukan ‘kesepakatan’, kebersamaan dalam ide dan penghayatan, bahkan kebersamaan dalam ritual, tata gerak, bacaan2 Kitab Suci, doa2, dan bahkan lagu2 yang akan dinyanyikan. Itulah sebabnya mengapa untuk menghadiri Ekaristi, dan supaya bisa ikut berpartisipasi penuh di dalamnya; tiap pribadi perlu mempersiapkan diri dan memantaskan diri untuk ikut dalam kebersamaan.

Ada beberapa bentuk persiapan yang penting untuk dilakukan sebelum kita menghadiri sebuah perayaan Ekaristi agar Ekaristi itu sendiri menghasilkan buah2 rahmat yang melimpah bagi hidup kita dan hidup Gereja. Ada persiapan lahiriah dan batiniah, ada persiapan jangka panjang dan jangka pendek agar kita sungguh merasa dieprsatukan dengan yang lain dalam Ekaristi. Kali berikutnya kita akan melihat lebih mendetail bentuk2 persiapan kita.
Salam hangat,
P.Christianus Hendrik SCJ – South Dakota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: