Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,236 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

PERSIAPAN APA YANG DIBUTUHKAN IMAM BEBERAPA SAAT SEBELUM MEMULAI PERAYAAN EKARISTI?

Posted by liturgiekaristi on December 1, 2013


BERTUMBUH DALAM IMAN:

PERSIAPAN APA YANG DIBUTUHKAN IMAM BEBERAPA SAAT SEBELUM MEMULAI PERAYAAN EKARISTI?

Salah satu dari fans mengeluh kepada saya: “Romo, saya sedih ketika berusaha menyapa dan mengajak ngobrol Rm. Paroki saya menjelang misa, malah saya ditegur, tidak diperbolehkan masuk ke sakristi dan malah disuruh doa di gereja. Mengapa??

Terlepas dari caranya Imam menegur atau mengingatkan, atau memberitahu; kiranya ada hal penting yang perlu kita ketahui dan sadari dalam kasus ini: BERILAH WAKTU PERSIAPAN YANG CUKUP KEPADA IMAMMU UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRINYA MENJADI ALTER KRISTUS DALAM EKARISTI.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa waktu sepuluh menit menjelang misa, seringkali merupakan waktu yang sangat “menentukan” seorang Imam mampu, pantas, dan layak memimpin sebuah Ekaristi dengan baik atau tidak(setidaknya itu pengalaman pribadi saya).

Sebagaimana umat butuh persiapan dan doa pribadi sebelum Ekaristi dimulai untuk menenangkan diri setelah perjalanan dari rumah, untuk melepaskan pikiran2 yang gemuruh dan ramai, serta mulai masuk dalam keheningan doa; demikian terlebih seorang Imam yang akan membawa seluruh intensi doa2 dan kebutuhan spiritual umatnya, MUTLAK membutuhkan keheningan sebelum memulai Ekaristi.

Usahakanlah untuk tidak menyibukkan Imammu saat2 mendekati perayaan Ekaristi. Berilah mereka waktu untuk hening dan berdoa di dalam sakristi baik doa secara pribadi, atau berdoa bersama seluruh petugas mesdinar, petugas lektor, prodiakon, dsb. Kita tidak ingin Ekaristi kita dipimpin oleh seorang Imam yang kacau pikirannya oleh hal2 lain, atau oleh kehadiran seseorang lain dalam pikirannya yang tidak sepantasnya dibawa Imam dalam perayaan Ekaristi, bukan?

Di beberapa tempat, kadang masih memelihara tradisi Pengakuan dosa sebelum misa. Maka, seperti ditempat saya tugas, misalnya; Imam biasanya sudah berada di ruang pengakuan dosa 30 menit sebelum Ekaristi dimulai – ada atau tidak ada yang datang untuk pengakuan dosa tidaklah penting. Namun saat itu sangat membantu banyak bagi Imam untuk hening. Lalu 10 menit menjelang saat Ekaristi, Imam kembali ke sakristi dan mulai persiapan memakai atribut pakaian misa dan berdoa……

Pada bagian berikutnya kita akan pelajari doa2 apa yang perlu didoakan oleh Imam menjelang persiapan Ekaristi dan lihatlah nanti betapa pentingnya keheningan saat2 menjelang Ekaristi bagi setiap Imam. Jadi…., baik para petugas (koor, dirigent, organis, lektor, dsb) hendaknya tidak menyibukkan Imam untuk konsultasi lagu, atau bacaan, atau tata-liturgy dan lain2nya di saat2 akhir menjelang Ekaristi (kecuali niatnya memang untuk ‘menodong’ Imamnya dan tidak memungkinkan membuat perubahan2 yang perlu di saat2 akhir). Hal2 tersebut harusnya sudah selesai jauh sebelum waktunya, supaya tidak terburu2 dan masih ada waktu untuk penyesuaian.

Dan untuk umat, sekali lagi, berilah waktu yang cukup bagi Imammu untuk hening mempersiapkan dirinya. Atau kalau Imamnya yang “ubres” dan masih sibuk ngobrol sampai di menit2 terakhir menjelang Ekaristi….ya jangan ragu, umat juga perlu ‘mengingatkan’ (bahasa lain dari ‘menegur’) Imamnya untuk hening dan mulai berdoa mempersiapkan diri dan batinnya….
Salam hangat,
P.Christianus Hendrik SCJ, South Dakota-USA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: