Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,015 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

SIKAP BATIN SEPERTI APA YANG HARUS SAYA BANGUN SELAMA MASA ADVENT INI, DAN BAGAIMANA MEMAHAMI ADVENT SEBAGAI BAGIAN DARI HIDUP IMAN SAYA?

Posted by liturgiekaristi on December 10, 2013


BERTUMBUH DALAM IMAN:

SIKAP BATIN SEPERTI APA YANG HARUS SAYA BANGUN SELAMA MASA ADVENT INI, DAN BAGAIMANA MEMAHAMI ADVENT SEBAGAI BAGIAN DARI HIDUP IMAN SAYA?

Adven adalah masa “peringatan” – maksudnya kita diingatkan akan kedatangan ‘sesuatu’ atau “seseorang Pribadi yang khusus” yang kita sebut “Emanuel”, Sabda yang menjadi Manusia. Advent selalu berada di bulan terakhir dalam tahun; jadi merupakan saat yang tepat juga untuk melihat kembali kehidupan iman kita setelah sepanjang tahun: Adakah kemajuan dan perkembangan yang significant atau cukup berarti dalam hidup imanku sepanjang tahun ini? Atau hidup rohaniku sama saja seperti tahun kemarin dan tak ada kemajuan, malah semakin mundur dan jauh dari kehidupan Gereja???

Advent juga berarti masa “persiapan”, dan waktunya sangat mendesak. Inilah saatnya Bunda Gereja kembali bertanya kepada kita setiap pribadi: “apa yang bisa engkau lakukan untuk membuat dirimu siap dan pantas secara rohani, spiritual dan bahkan secara fisik untuk menyambut kedatangan Tuhan?”

Kita tahu dan percaya bahwa Yesus akan datang pada saat akhir zaman dengan segala kemuliaanNya. Tetapi “kedatanganNya” juga bisa terjadi dalam bentuk lebih personal-individual dalam peristiwa yang kita sebut kematian; dan itu berarti bisa kapan saja, bukan? Masa Adven ini juga mendorong kita untuk membuat persiapan yang diperlukan sehingga kita secara pribadi mampu bersukacita, bersyukur, dan dijadikan pantas dan layak untuk menerima segala anugerah rahmat yang datang bersamaan dengan kenangan akan Sabda yang menjadi Manusia.

Perayaan2 Ekaristi yang kita ikuti tiap hari, atau tiap minggu, sampai saat natal selalu menukik pada inti terdalam misteri Penjelmaan Allah yang menjadi manusia untuk keselamatan kita. Jadi itulah focusnya. Seluruh refleksi dan permenungan kita sebaiknya terarah pada thema Inkarnasi tersebut untuk membangun sikap syukur dan terimakasih atas rencana Kasih Allah yang agung dan mulia; dan sedapat mungkin mengupayakan diri kita secara fisik dan rohani terlibat dalam karya keselamatan Tuhan dengan pelbagai cara, misalnya:

– Ambil bagian dalam tugas2 perayaan di gereja. Atau jika sudah biasa terlibat, mengupayakan untuk mempersembahkan pelayanan yang terbaik demi membantu umat menemukan imannya lewat perayaan2 Ekaristi.

– Mendekati, mengajak, mengingatkan, dan menemani saudara-i kita yang lupa akan imannya untuk kembali ke pangkuan gereja. (Banyak anak2 Tuhan yang hilang, yang secara pribadi punya niat ingin kembali ke gereja pada saat natal, tetapi secara pribadi ragu, takut, dan merasa asing karena sendirian dan tidak merasa kenal dengan orang2 di gereja. Mereka butuh teman)

– Mencoba lebih peduli pada orang2 yang membutuhkan di sekitar kita. Mempersiapkan diri (bersama keluarga)selama masa Advent ini, untuk menyisihkan sedikit dari rejeki kita untuk nanti dipersembahkan kepada orang2 yang kekurangan; ini sudah merupakan bentuk konkret kita meniru teladan Dia yang menyisihkan KemuliaanNya dan menjadi manusia lemah.

– Mencoba menunda, mengurangi, atau mengatakan “Tidak” untuk pesta2, perayaan2 yang tidak relevan dan bisa mengaburkan permenungan kita akan karya Agung kasih Allah pada masa natal-setidaknya sampai minggu terakhir Advent. Termasuk di dalamnya upaya untuk mengurangi kecenderungan konsumtif, hura2, dan kecenderungan hanya mau peduli akan diri sendiri.

– Mengupayakan lebih sering menyisihkan waktu untuk doa2 pribadi, dan hening bersama Allah untuk menimba kekuatan rohani.

– Menggunakan masa Advent ini sebagai kesempatan untuk membersihkan diri, memperbaharui diri, juga lewat pengakuan dosa, meminta absolusi dan penintensi yang berguna bagi hidup rohani kita melalui tangan Imam.

– Silahkan membuat rencana dan program2 rohani lainnya yang membangun iman sebagai bentuk persiapan dan keterlibatan kita pada masa natal yang sudah dekat.

Salam hangat, P. Christianus Hendrik SCJ, SOuth Dakota-USA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: