Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 336,015 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

Mengapa orang Katolik merayakan Pesta Salib Suci setiap tanggal 14 September?

Posted by liturgiekaristi on September 20, 2014


Bertumbuh dalam Iman:

Mengapa orang Katolik merayakan Pesta Salib Suci setiap tanggal 14 September? Apa perlunya pesta mengenang Salib Suci ini bagi pertumbuhan iman kita?

Tahu kah anda bahwa peristiwa penting yang mendasari Pesta Salib Suci diawali sejak pertama kali ditemukannya Relikwi Palang kayu Salib Suci pada tahun 326?

Berdasarkan data2 historis yang ditulis oleh St. Yohanes Krisostomus; Ratu Helena – Ibu dari kaisar Konstantine yang kelak dikenal sebagai Santa Helena (St. Helen) pada waktu itu mempunyai kerinduan yang sangat besar untuk menemukan dan melihat dari dekat kayu salib yang pernah dipakai untuk menyalibkan Tuhan Yesus.

Terdorong oleh keinginannya yang kuat, Santa Helena pergi berkunjung ke Yerusalem dan mengerahkan sejumlah bawahannya untuk mengadakan penggalian dibukit yang disebut Kalvari.
Para penggali menemukan tiga kerangka kayu salib yang diduga pernah dipakai untuk menyalibkan dua penjahat criminal dan satu orang yang bernama Yesus.

Kesulitan yang mereka alami waktu itu, mereka tidak tahu dari antara ketiganya mana kayu salib yang digunakan untuk menyalibkan Tuhan Yesus. Kebetulan pada waktu itu ada sekelompok pelayat yang mengantar jenasah seorang pria yang hendak dimakamkan dan termasuk seorang wanita yang sakit parah sudah bertahun2.

Mereka berdua dihadirkan di tempat penggalian dan satu persatu ketiga kayu salib disentuhkan ke tubuh mereka. Dua kayu salib yang pertama tidak membawa dampak apa2. Tetapi ketika palang kayu salib yang ketiga disentuhkan ke tubuh mereka; si wanita yang sakit bertahun2 sembuh seketika itu juga, dan jenasah pria yang siap dimakamkan hidup kembali.

Menyaksikan hal itu, Ratu Helena menjadi yakin bahwa itu adalah kayu salib Tuhan Yesus. Berita penemuan bersejarah dan keajaiban kayu salib ini menyebar begitu cepat dan orang2 beriman berdatangan untuk melihat dari dekat kayu salib yang mulia tempat Yesus pernah tergantung dan bersujud menghormati kesucian kayu yang khusus ini.

Seorang Patriakh dan pimpinan agama di Yerusalem yang bernama Makarios menegakkan kayu salib Tuhan Yesus dan meninggikannya supaya orang2 bisa memandang, berlutut menyembah untuk menghormati misteri penebusan Tuhan Yesus yang nyata hadir di dunia, dan menepuk dada seraya berkata “Tuhan, ampuni kami orang berdosa” berkali2.

Ratu Helena, yang kemudian menjadi Santa Helena memerintahkan untuk mendirikan Gereja di tempat ditemukannya Salib Suci. Gereja yang didedikasikan bagi penemuan Salib Suci dan dikuduskan sebagai gereja Makam Suci selesai diresmikan pada tanggal 13 September tahun 335 (dibutuhkan 9 tahun untuk menyelesaikan pembangunan Gereja Makam Kudus sejak ditemukannya salib suci)

Tradisi Iman Katolik kemudian meresmikan Pesta Salib Suci harus dirayakan setiap tahun pada hari berikutnya (tanggal 14 September) untuk mengenangkan dan mensyukuri karya Penebusan Tuhan Yesus dan mengucap syukur atas kayu salib suci nan mulia yang menjadi symbol paling kuat bagi identitas iman Kristiani. Basilika Makam Suci di Yerusalem sampai saat ini dihormati sebagai tempat paling kudus dan suci bagi orang Kristiani dari pelbagai denominasi, tidak hanya bagi orang Katolik.

Jika anda sekarang bangga mengenakan hiasan kalung salib, anting2 dan gelang yang memakai liontin Salib, dsb. Ingatlah darah dan kurban mulia Tuhan Yesus dibalik keindahan dan mahalnya perhiasan salib yang engkau pakai.

Jika engkau dengan bangga menempatkan kayu salib di setiap ruang kamar rumahmu, di sekolah, di rumah sakit; jangan pernah lupa saudara-saudari kita yang hari2 ini tersalibkan dan harus meregang nyawa karena iman mereka demi “Dia yang pernah tergantung di kayu Salib nan mulia” ini.

Dan dalam perayaan Salib Suci ini, ingatlah bahwa engkau dipanggil bukan hanya untuk mengenakan hiasan salib penuh kebanggaan, tapi juga hendaknya hidup kita harus memancarkan kemuliaan dan kesucian seperti Tubuh yang dulu pernah tergantung di kayu salib itu untuk pertama kalinya….

Dan engkau yang pernah/sedang jauh dariNya, pulanglah kembali dan pikullah salibmu bersama Dia yang telah dimuliakan, supaya hidupmu kelak juga ditinggikan bersamaNya.

Salam Hangat pada Pesta Salib Suci untuk mu semua – Kita bangga akan salib Tuhan Yesus yang menjadi jalan keselamatan kita.

Doa dan berkatku (P.Hend. SCJ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: