Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 1,255,590 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

ISTILAH LITURGI : EPIKLESIS, AKLAMASI, ANAMNESIS, DOKSOLOGI, PREFASI

Posted by liturgiekaristi on June 22, 2011


EPIKLESIS :

EPIKLESIS (dari bahasa Yunani) yg secara harafiah berarti doa permohonan (=klesis) atas (=epi) persembahan. Secara liturgis diartikan sbg doa supaya Roh Kudus turun utk mengubah roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Kristus.
Selain itu, Roh kudus juga dimohonkan agar turun utk mempersatukan seluruh jemaat.

Ada dua macam Epilklesis :
1. Epiklesis konsekrasi (atas roti dan anggur), yg berbunyi : “Maka kami mohon : kuduskanlah persembahan ini dengan pencurahan Roh-Mu, agar bagi kami menjadi Tubuh dan (+) Darah Putera-Mu terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus” (DSA II).

2. Epiklesis komunio (atas jemaat) : “Kami mohon agar kami, yang mnenerima Tubuh dan Darah Kristus, dihimpun menjadi satu umat oleh Roh Kudus”.
___
Lalu, tata gerak imam utk epiklesis ini, bagaimana ya.. ?

marii.. bg yang tau, segera saja di share utk semua sahabat SL tercinta..
atau ada yg mau menambahkan.. dipersilahkan..

*sumber : Lakukanlah Ini, Sekitar Misa Kita, C.H. Suryanugraha.

AKLAMASI,
Berasal dr bhs Latin, acclamatio [baca : aklamatsio], yaitu seruan yg dilontarkan oleh sekelompok orang, entah utk menanggapi seruan orang/pihak lain (mendukung/menyetujui), entah utk menghormati seseorang
Dalam liturgi, AKLAMASI adalah tanggapan umat kpd salam/ajakan/doa pemimpin atau pelayan ibadat.

Contoh Aklamasi dlm Perayaan Ekaristi : Amin, Dan bersama Rohmu, Sekarang dan selama-lamanya, Syukur kepada Allah, Dimuliakanlah Tuhan (aklamasi sebelum Injil), Terpujilah Kristus (aklamasi sesudah Injil), Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan (aklamasi Doa Umat), dll.

*sumber dr, Kamus Liturgi Sederhana, Ernest Mariyanto.

ANAMNESIS.

Penghadiran kembali peristiwa masa silam ke masa kini sedemikian rupa sehingga orang² yg berhimpun di suatu tempat pd masa kini dpt mengalami dan berpartisipasi secara nyata dlm peristiwa itu.

Dalam Perayaan Ekaristi, Anamnesis dimulai pada saat imam selebran menyerukan “Mysterium fidei” (yg secara hurufiah dpt diartikan sbg “misteri iman”). Dimana jemaat diajak utk menghadirkan kembali peristiwa / memproklamasikan kenangan akan kematian, kebangkitan, dan kedatangan kembali Yesus Kristus.
Dan jemaat menjawab ajakan imam tsb (“Agungkanlah misteri iman kita” = “Mysterium fidei”) dengan menyerukan (aklamasi) kenangan (anamnesis) itu.,
Misalnya : “Tuhan, Engkau telah wafat. Tuhan, sekarang Kau hidup. Engaku Sang Juru Selamat : Datanglah, ya Yesus Tuhan” (“Anamnesis 5”, Puji Syukur, 254).

TPE 2005 menawarkan enam pilihan Aklamasi Anamnesis, dan semuanya tidak menggunakan “Amin”.

Johanes Ogenk Jbso nambah dikit soal makna dari anamnesis…Anamnesis menegaskan kenangan akan karya penyelamatan Tuhan yang terjadi pada masa lalu dan berlangsung sampai sekarang. Dalam liturgi, apa yang dikenang itu dihadirkan kembali dalam kehidupan jemaat yang merayakan dan bergerak menuju kepenuhan eskatoligis.

DOKSOLOGI.

Dari bhs Yunani, ungkapan pujian sbg tanda hormat, yg disampaikan kpd Triunggal Yang Mahakudus, yaitu Alah Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

Dalam Liturgi ada sejumlah doksologi, yakni :

1. Ayat Kemuliaan kpd Bapa dan Putera dan Roh Kudus yg lazim diucapkan pd akhir mazmur atau doa-doa lain. Ini bisa disebut doksologi kecil.

2. Kidung/Madah Kemuliaan dlm PE, yg jug alazim disebut doksologi besar.

3. Bait terakhir dlm setiap madah Ibadat Harian.

4. Penutup Doa Syukur Agung, “Dengan pengantaraan Kristus…. ” (seperti yd dimaksud @Sri Tauruk Allo diatas).
Dalam misa konselebrasi, doksologi penutup DSA ini dpt diucapkan oleh pemimpin sendirian, atau bersama dg semua konselebran.

5. Aklamasi sesudah (embolisme) Bapa Kami dlm perayaan Ekaristi.

PREFASI.

Isi Prefasi adalah pujian dan ucapan syukur dari jemaat kepada Allah Bapa atas seluruh karya keselamatan yg diselenggarakan-Nya.

Kata asli dr Prefasi adalah Praefatio yg berasal dr bhs Latin, yaitu suatu doa pujian dan syukur meri…ah, yg merupakan bagian pertama dr Doa Syukur Agung dlm Perayaan Ekaristi.

Inti sari dari rumusan Prefasi ini mengungkapkan alasan-alasan kita untuk memuji Allah, khususnya mengenai karya penciptaan dan penebusan yg dilakukan Allah. Maka bagian pertama DSA ini disebut jg sbg Doa Pujian.

Dlm Perayaan Ekaristi, Prefasi selalu didahului dgn dialog antara imam dan umat, dan ditutup dgn aklamasi Kudus oleh umat.

Leave a comment