Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

Seputar Liturgi Ekaristi Gereja Katolik

  • Majalah Liturgi KWI

  • Kalender Liturgi

  • Music Liturgi

  • Visitor

    free counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    Free Hit Counters

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    free statistics

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    hit counters



    widget flash

    widget

    Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter
    widget

    web page counter

  • Subscribe

  • Blog Stats

    • 351,854 hits
  • Kitab Hukum Kanonik, Katekismus Gereja Katolik, Kitab Suci, Alkitab, Pengantar Kitab Suci, Pendalaman Alkitab, Katekismus, Jadwal Misa, Kanon Alkitab, Deuterokanonika, Alkitab Online, Kitab Suci Katolik, Agamakatolik, Gereja Katolik, Ekaristi, Pantang, Puasa, Devosi, Doa, Novena, Tuhan, Roh Kudus, Yesus, Yesus Kristus, Bunda Maria, Paus, Bapa Suci, Vatikan, Katolik, Ibadah, Audio Kitab Suci, Perjanjian Baru, Perjanjian Lama, Tempat Bersejarah, Peta Kitabsuci, Peta Alkitab, Puji, Syukur, Protestan, Dokumen, Omk, Orang Muda Katolik, Mudika, Kki, Iman, Santo, Santa, Santo Dan Santa, Jadwal Misa, Jadwal Misa Regio Sumatera, Jadwal Misa Regio Jawa, Jadwal Misa Regio Ntt, Jadwal Misa Regio Nusa Tenggara Timur, Jadwal Misa Regio Kalimantan, Jadwal Misa Regio Sulawesi, Jadwal Misa Regio Papua, Jadwal Misa Keuskupan, Jadwal Misa Keuskupan Agung, Jadwal Misa Keuskupan Surfagan, Kaj, Kas, Romo, Uskup, Rosario, Pengalaman Iman, Biarawan, Biarawati, Hari, Minggu Palma, Paskah, Adven, Rabu Abu, Pentekosta, Sabtu Suci, Kamis Putih, Kudus, Malaikat, Natal, Mukjizat, Novena, Hati, Kudus, Api Penyucian, Api, Penyucian, Purgatory, Aplogetik, Apologetik Bunda Maria, Aplogetik Kitab Suci, Aplogetik Api Penyucian, Sakramen, Sakramen Krisma, Sakramen Baptis, Sakramen Perkawinan, Sakramen Imamat, Sakramen Ekaristi, Sakramen Perminyakan, Sakramen Tobat, Liturgy, Kalender Liturgi, Calendar Liturgi, Tpe 2005, Tpe, Tata Perayaan Ekaristi, Dosa, Dosa Ringan, Dosa Berat, Silsilah Yesus, Pengenalan Akan Allah, Allah Tritunggal, Trinitas, Satu, Kudus, Katolik, Apostolik, Artai Kata Liturgi, Tata Kata Liturgi, Busana Liturgi, Piranti Liturgi, Bunga Liturgi, Kristiani, Katekese, Katekese Umat, Katekese Lingkungan, Bina Iman Anak, Bina Iman Remaja, Kwi, Iman, Pengharapan, Kasih, Musik Liturgi, Doktrin, Dogma, Katholik, Ortodoks, Catholic, Christian, Christ, Jesus, Mary, Church, Eucharist, Evangelisasi, Allah, Bapa, Putra, Roh Kudus, Injil, Surga, Tuhan, Yubileum, Misa, Martir, Agama, Roma, Beata, Beato, Sacrament, Music Liturgy, Liturgy, Apology, Liturgical Calendar, Liturgical, Pope, Hierarki, Dasar Iman Katolik, Credo, Syahadat, Syahadat Para Rasul, Syahadat Nicea Konstantinople, Konsili Vatikan II, Konsili Ekumenis, Ensiklik, Esniklik Pope, Latter Pope, Orangkudus, Sadar Lirutgi

Kesan & Pesan


KESAN DAN PESAN  DI PENGHUJUNG TAHUN 2010

Sebagai pemerhati Page Liturgi ini, saya diminta untuk mensharekan kesan dan pengalaman saya tentang kehadiran Page Seputar Liturgi ini; maka saya mencoba mensharekan pemikiran saya):

Kalau mau merefleksikan bersama keberadaan Page kita ini, rasanya perlu melihatnya secara dewasa: Waktu 10 bulan bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengukir suatu karya besar dan atau semacam keahlian berdasarkan pengalaman2 kerja yang panjang… 10 bulan adalah usia bayi yang baru keluar dari kandungan, yang masih lemah, yang masih perlu disuapi, diasuh, diberi makan dan dibesarkan bersama. Dalam arti itu Page ini masih perlu belajar banyak hal, dan selalu membutuhkan banyak orang untuk terlibat membesarkannya.

Dalam pengelolaan praktisnya memang Page ini dikerjakan oleh beberapa orang (terimakasih atas dedikasi dan kerja kerasnya, serta ketahanan menerima segala kritik, celaan, hujatan, ketidak puasan…tapi juga ada pujian, sanjungan, dan harapan banyak orang); namun kiranya kita semua harus sadar bahwa sekarang Page ini adalah milik kita bersama sebagai umat Katholik yang bergabung di dunia maya untuk saling meneguhkan, mengembangkan dan menguatkan hidup iman kita.

Maka, kalau sungguh kita semua menyadari bahwa Page ini milik bersama, sudah sepantasnya kita menjaga, membesarkan, menghidupinya, dan menumbuh kembangkan Page Liturgi ini sebagai sarana yang baik untuk saling berkomunikasi dan bertukar pikiran tentang hidup iman kita bersama. Secara konkret hal itu bisa diwujudkan misalnya dengan cara setiap orang, siapapun yang memiliki concerns, keprihatinan, kepedulian terhadap hidup menggereja dan segala persoalannya; bisa mengirimkan pertanyaan, lontaran ide, kasus2, dan apa saja yang berkaitan dengan seputar hidup iman kita-dan nanti Team Adm akan mengelolanya sebagai bahan pembelajaran publik.

Awalnya memang Page ini lebih concern pada bidang Liturgi. Tetapi bukankah sebuah Liturgi yang hidup juga menyangkut banyak aspek lainnya dari penghayatan hidup iman kita?? Maka kiranya Page ini masih terbuka juga untuk pembahasan2 di sekitar Liturgi yang melekat pada hidup sehari2 di mana iman kita tumbuh dan berkembang sewajarnya.

Karena Page ini bersifat terbuka; kiranya kita tetap perlu menjaga kesatuan iman yang teguh, tidak mudah diombang-ambingkan oleh isue2 yang tidak ada gunanya. Bahwa kadang pada awal kita berbeda pendapat dan punya pandangan2 yang lain, itulah cara kita menguji kebenaran iman kita bersama yang lain. Melalui pembelajaran bersama, di bawah bimbingan para Imam dan Pejabat Gereja yang mau menyumbangkan waktu dan pikirannya demi menjelaskan pemahaman iman yang benar seturut ajaran Gereja Katholik, kita berharap Page ini dapat membantu dengan pencerahan2 dan penjelasan2 yang sangat dibutuhkan umat demi memperkaya hidup iman mereka.

Saya senang dan bersyukur di mana selama ini sudah berjalan baik bahwa banyak dari teman2 awam yang terlibat sungguh menyumbang informasi dan data2 yang penting dan berguna, dan bahkan cukup banyak yang ahli menjelaskan hal2 yang menjadi topik pembahasan kita. Itu kiranya suatu sumbangan besar yang patut dihargai dan terus didoakan supaya hidup mereka terus menjadi Pelita dan garam bagi semakin banyak orang.

Sekiranya ada dari teman2 dari luar Gereja Katholik yang kadang ikut nimbrung, atau sekedar ingin tahu, atau kadang lebih dari sekedar ingin tahu-tetapi mungkin punya misi dan tujuan tersendiri; sepenuhnya kita tetap menaruh hormat sambil tetap berpegang teguh pada tata ajaran dan kebenaran Magisterium Gereja Katholik. Maka hal2 di luar itu kita terima dengan penuh hormat sejauh itu benar dan tidak bertentangan; dan cukup mengabaikannya kalau itu tidak benar dan bertentangan dengan semangat iman kita. Jangan pernah menanggapi hal2 yang tidak sejalan dengan konteks pembicaraan di Page Liturgi ini.Sebagai situs yang terbuka, Page ini terbuka untuk menerima siapa saja YANG BERKEHENDAK BAIK dan ingin menciptakan situasi kehidupan iman dan bermasyarakat yang baik dalam segala pengertiannya. Maka bagi yang mungkin punya kehendak tidak baik, kiranya Team Administrasi punya wewenang untuk me-nonaktifkan anggota yang sekiranya bisa mengganggu proses pembelajaran yang baik.

Sebagai suatu sarana pembelajaran yang bersifat terbuka – siapapun yang memiliki sarana bisa mengaksesnya – maka saya perlu menghimbau siapapun kita yang terlibat di sini untuk menjaga tata krama dan sopan santun dalam mengungkapkan pendapat, penilaian atau kritikan. Sejauh orang bisa menulis, mengetik, menyusun kalimat yang mengungkapkan ide dan pemikiran pribadinya; maka saya mengandaikan orang tersebut punya hati dan budi pekerti yang baik untuk mengontrol cara bicara, berpendapat; supaya tetap ada suasana saling menghargai dan saling mendukung dalam persaudaraan, bukan sebaliknya memecah belah dan membingungkan atau dengan kata2/tulisan/gambar yang tidak sepantasnya dikonsumsi publik.

Secara pribadi saya mengucapkan proficiat atas kehadiran Page Seputar Liturgi ini. Proficiat kepada Team Adm. nya, proficiat kepada seluruh umat Katholik yang menjadi members; terimakasih kepada rekan2 yang sudah bekerja sama dengan baik saling membantu menuntaskan setiap pertanyaan2 dan ungkapan2 yang dimunculkan. Semoga berkat Tuhan melimpah atas anda semua. Semoga Berkat KasihNya juga melimpah untuk seluruh members yang diam2 tetap aktif mengikuti dan menimba pengetahuan bersama lewat Page ini.

“Setiap kali kita mulai melangkah, selalu ada kemungkinan jatuh dalam kesalahan, tidak sesuai dan kurang berkenan di hati semua orang… Tetapi kalau kita tak pernah mau mulai melangkah, kita tak pernah akan tahu apakah kita benar atau salah” Terimakasih sekali lagi atas hadirnya Page Liturgi ini, teruslah berjalan, mengembangkan dan memperbaharui diri dalam membantu banyak orang menumbuh kembangkan imannya. Biarlah sejarah dan waktu akan memurnikan yang rancu, meluruskan yang berlekuk dan berliku, menimbun yang berlubang….. Tetapi marilah sejauh kita mampu, kita terus berupaya mempersiapkan jalan bagi Tuhan yang akan menyelamatkan kita semua.

Bahwa saya pernah mendengar ada usulan untuk membukukan dari sekian banyak notes yang pernah dimuat di Page ini, saya kira itu sesuatu yang baik supaya lebih banyak lagi orang mendapat berkat dan pencerahan. Sekali lagi, selalu ada kemungkinan kita salah, tetapi jangan ragu, mulailah dari keterbatasan, bahkan kalau itu hanya dari “lima roti dan dua ikan…Tuhan akan melengkapi secara melimpah.”

Salam kasih dan berkat Tuhan,

P. Christianus Hendrik SCJ – South Dakota – USA

2 Responses to “Kesan & Pesan”

  1. Materi posting yg ada sungguh dapat menjadi pembelajaran bagi umat Katolik. Oleh karena itu, kiranya berkenan, saya berniat memasukkan url website ini ke dlm website saya, http://www.signumdei.com. Dengan demikian, harapan saya semakin terjalin website katolik satu sama lain. Terima kasih.

    • Pak Hendra. Maaf terlambat membalas. Silahkan pak, untuk dishare link ini di web bapak. Web ini masih jauh dari sempurna pak. Karena baru merupakan rangkuman pencerahan saja dari materi diskusi di facebook. Jadi memang belum dikelola secara professional. Kalau ada kekurangan , semoga bisa di mengerti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: